Otomotif

Subsidi Motor Listrik: Syarat, Cara Daftar, dan Daftar Motor Bersubsidi

177
×

Subsidi Motor Listrik: Syarat, Cara Daftar, dan Daftar Motor Bersubsidi

Sebarkan artikel ini
Subsidi Motor Listrik: Syarat, Cara Daftar, dan Daftar Motor Bersubsidi
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Jakarta, 12/3 (Batakpost.com) – Motor listrik semakin diminati karena dianggap lebih efisien, murah, dan hemat dibandingkan motor bensin. Namun, berapa daya yang dibutuhkan untuk mengisi ulang motor listrik di rumah? Menurut detikOto dan laman resmi Gesits Motor, kapasitas daya listrik terpasang minimal 900 Watt di rumah sudah cukup. Pengecasan baterai pun tergolong mudah, bisa dilakukan dengan membuka jok motor untuk mengambil baterai dan menghubungkannya ke colokan biasa.

Namun, jika ingin mengisi ulang baterai di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), bisa menggunakan voucher token yang dibeli melalui PLN. Proses pengisian dari 0% hingga penuh memerlukan waktu sekitar 3-4 jam.

Selain itu, ada subsidi motor listrik sebesar Rp 7 juta yang diberikan oleh pemerintah. Namun, tidak semua orang bisa memperolehnya. Dealer Gesits memberikan penjelasan bahwa subsidi ini baru berlaku pada 20 Maret 2023, dengan syarat tertentu, seperti memiliki e-KTP dan usia minimal 17 tahun.

Daftar motor listrik bersubsidi termasuk Gesits G1, dengan harga sekitar Rp 20-21 jutaan. Namun, pengecekan data calon pembeli akan dilakukan melalui situs Sistem Informasi Pemberian Bantuan Pembelian Kendaraan Listrik Roda Dua (SISAPIRa). Proses ini memastikan bahwa hanya orang-orang yang memenuhi syarat yang dapat menikmati subsidi ini.

Dengan berbagai opsi motor listrik yang tersedia, pengguna bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial mereka. Subsidi ini diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk beralih ke kendaraan ramah lingkungan.(int)

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS

banner 325x300