Segenap kru batakpost.com mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024, Semoga doa dan usaha kita diterima oleh Allah Swt. Taqabbalallahu minna wa minkum. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
Sibolga

Sambut Ramadhan Polres Sibolga Laksanakan Rapat Kordinasi, Sekaligus Berikan Penghargaan Untuk Fakes

243
×

Sambut Ramadhan Polres Sibolga Laksanakan Rapat Kordinasi, Sekaligus Berikan Penghargaan Untuk Fakes

Sebarkan artikel ini
Polres Sibolga gelar rapat kordinasi TNI Polri dengan instansi terkait dalam pelaksanaan pengamanan jelang bulan suci Ramadhan di Kota Sibolga. (Batakpost.com/Humas Polres Sibolga).
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Sibolga, 29/3 (Batakpost.com)- Untuk cipta kondisi yang kondusif jelang Ramadhan, Polres Sibolga gelar rapat kordinasi TNI Polri dengan instansi terkait. Rapat ini dilaksanakan di Aula Wira Pratama Polres Sibolga, Senin (28/3).

Materi utama Rakor ini menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif menjelang bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah di kota Sibolga, dilanjutkan dengan pengukuhan Da’i Kamtibmas Polres Sibolga dan pemberian penghargaan kepada Fasilitas Kesehatan (Faskes) yang capaian vaksinasi terbanyak.

Advertisement
banner 325x300
Advertisement


Demikian disampaiakan Kasi Humas Polres Sibolga dalam siaran persnya kepada media ini, Selasa (29/3).

Walikota Sibolga, diwakili, Josua Hutapea,S.Sos, MM, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Polres Sibolga atas giat rakor tersebut. Dia juga mengapresiasi Polres Sibolga terkait capaian vaksinasi yang telah memenuhi terget pemerintah.

“Pemerintah Kota Sibolga akan terus bersinergi dengan Polres Sibolga dalam mensukseskan percepatan vaksinasi dan pengamanan giat masyarakat saat bulan Ramadhan,” katanya.

Sementara itu Kapolres Sibolga AKBP Taryono Raharja, S.H., S.I.K dalam sambutannya menyampaikan, bahwa tujuan dilaksanakan rapat koordinasi itu untuk mengkiordinasikan dan menyelaraskan pelaksanaan tugas untuk mewujudkan Kamtibmas yang kondusif di Kota Sibolga khususnya di bulan Ramadhan dan Syawal 1443 H tahun 2022.

“Sampai saat ini hanya 3 kota/kabupaten yang Level 1, yakitu, Kota Sibolga, Kabupaten Madina, dan Kabupaten Pakpak Bharat. Ini adalah berkat kerja sama seluruh stakeholder dalam mengelola 7 indikator asesmen,” ujar Kapolres.

Lanjutnya, perkembangan COVID-19 di Kota Sibolga terus membaik dikarenakan kepatuhan masyarakat untuk melakukan vaksinasi. Di mana persentasi vaksinasi dosis 1 sebanyak 118 %, Vaksinasi Dosis II sebanyak 100,45%, dan Vaksinasi Dosis III sebanyak 24,59 %.

“Terkait Fatwa MUI Nomor 13 thn 2021 tentang vaksinasi di bulan Ramadhan, dimohon agar ketua MUI kota Sibolga nantinya dapat memberikan edukasi dan pencerahan,” pinta Kapolres.

BACA JUGA: Apel Pagi Gabungan ASN Pemkab Tapteng, Bupati: Saya Tidak Akan Meninggalkan Kalian Begitu Saja

Perwira melati dua itu menegaskan, Polres Sibolga akan mengambil langkah strategis menjelang bulan Ramadhan dan hari Raya Idul Fitri 1443 H dengan merencanakan pendirian 6 Pos Pam untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat, serta tidak melanggar prokes.

“Kita akan buat himbauan berbentuk stiker/meme di rumah warga dan tempat tempat ibadah. Pengaktifan Posko PPKM, Himbauan pemerintah terkait aturan mudik, pemutaran cuplikan video Bapak Presiden. Sedangkan untuk program prioritas, Polres Sibolga memiliki program di bulan Ramadhan 1443 H yaitu, Polisi Simpatik, Polisi Berbagi, dan Polisi Beriman,” tukasnya.

Sementara itu Kadis Kesehatan Kota Sibolga yang diwakili Kabid P2P, Sri Wahyuni mendukung sepenuhnya dan akan selalu bersinergi dengan Polres Sibolga dan stakeholder terkait.

“Menyiapkan obat obatan, tabung oksigen di tiap tiap Rumah Sakit, Puskesmas dan tempat isolasi terpadu,” kata Sri.

Terkait pengamanan di masjid-masjid dan Pos PAM, Dinkes akan menghadirkan petugas untuk standby melakukan ceking kesehatan jemaat dan akan dibuatkan QR Code di setiap masjid.

Ketua MUI Kota Sibolga, H.Torkisma Panggabean, pada kesempatan itu menyampaikan, bahwa vaksinasi di bulan puasa diperbolehkan berdasarkan fatwa MUI No 13 thn 2021, dikarenakan vaksin tidak melalui rongga mulut dan hidung melainkan disuntikkan ke bagian tubuh.

“Terkait dengan knalpot blong mohon kiranya kita bersama-sama menertibkan karena sangat menganggu saat beribadah. Demikian juga dengan larangan penggunaan mercon di kota Sibolga. Mari kita sukseskan pelaksanaan vaksinasi untuk masyarakat Kota Sibolga,” ajaknya.

Pada rakor tersebut, Kapolres Sibolga dan unsur stakeholder melaksanakan pengukuhan Da’i Kamtibmas Polres Sibolga sebanyak 10 orang yaitu: Ustadz H. Zainun Sinaga, Ustadz Drs. H. Tasrim Tanjung, Ustadz Drs H. Aswad Panjaitan, Ustadz H. Masaliarman Piliang, Ustadz H Zainun Tanjung, Ustadz Drs. H. Amansyah Harahap, Ustadz H. Supratman,AF, Ustadz Aminuddin Koto, Ustadz H. Apit Markan, S.Ag, dan Ustadz Satu Muharram.

Usai pengukuhan, dilanjutkan pemberian penghargaan kepada Faskes dengan capaian vaksinasi terbanyak kategori masyarakat umum dan lansia yang diberikan oleh Kapolres Sibolga kepada, Klinik Polres Sibolga dengan capaian 9.377 dosis, Puskesmas Sambas dengan capaian 6.768 dosis, Puskesmas Pintu Angin dengan capaian 5.651 dosis. (ril)