Saber Pungli Pusat Kunker ke Kota Pematangsiantar Pantau Kawasan Wisata

Berita Utama, Siantar101 Dilihat

Siantar, 17/1 (Batakpost.com)- Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Pusat melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kota Pematangsiantar. Kunker Saber Pungli Pusat tersebut untuk melakukan monitoring evaluasi di Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Pematangsiantar.

Pertemuan Saber Pungli Pusat dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Pematangsiantar ini berlangsung di ruang Serbaguna Bappeda, Senin (16/1/2023).

Pokja Satgas Pencegahan Saber Pungli Pusat Indra Wahyu Bintoro menyampaikan pihaknya akan melakukan pemantauan pada Kawasan Wisata Super Prioritas untuk mengantisipasi terjadinya pungli.

Baca Juga:  Jaga Keamanan Libur Imlek, Kapolres Tapteng Sebar 70 Personel di Lokasi Objek Wisata

Menurut Indra, antisipasi pungli agar dilakukan dengan komprehensif. Semua pihak saling berkolaborasi agar pungli dapat dicegah, terkhusus di Kota Pematang siantar.

“Dalam melakukan upaya pencegahan, dapat dilakukan sosialisasi untuk memberi pemahaman kepada masyarakat. Pendekatan sosial ke masyarakat hendaknya dilakukan berkelanjutan agar masyarakat dapat memahami dan pencegahan pungli dapat dilakukan dengan baik,” terangnya.

Sementara, Pokja Satgas Pencegahan Saber Pungli Berti Sumakud menambahkan, saat ini pihaknya akan fokus ke tempat wisata yang merupakan super prioritas.

Baca Juga:  SPS-PWI Sumut Kembali Gelar UKW dan Workshop Pra UKW

“Untuk memastikan tidak ada pungli,” sebutnya.

Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Budi Utari Siregar AP mengatakan, Kota Pematangsiantar saat ini telah memberlakukan transaksi non tunai.

“Di tahun 2022, Kota Pematangsiantar telah aktif menggunakan Quick Respond Indonesian Standard (QRIS) di beberapa outlet,” terangnya.

Budi Utari menambahkan agar sasaran pungli dapat dipetakan untuk memudahkan melakukan pemberantasan.

Turut hadir dalam pertemuan itu, Wakapolres Pematangsiantar Kompol Ismawansana, SIK., MH, Wakapolres Simalungun Kompol Efianto, SH, mewakili Bupati Simalungun Roganda Sihombing, Kepala Inspektorat Pematangsiantar Heri Okstarizal, SH, jajaran Polres Pematangsiantar dan Polres Simalungun, serta pimpinan OPD Pemkot Pematangsiantar dan Pemkab Simalungun. (ril)