Segenap kru batakpost.com mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024, Semoga doa dan usaha kita diterima oleh Allah Swt. Taqabbalallahu minna wa minkum. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
Siantar

Pemko Pematang Siantar Luncurkan Bus Layanan Pendidikan untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan

196
×

Pemko Pematang Siantar Luncurkan Bus Layanan Pendidikan untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan

Sebarkan artikel ini
Pemko Pematang Siantar Luncurkan Bus Layanan Pendidikan untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Siantar, 19/12 (Batakpost.com)- Pemerintah Kota Pematang Siantar (Pemko) melalui Dinas Pendidikan (Disdik) telah meluncurkan Bus Layanan Pendidikan sebagai bagian dari upaya meningkatkan pelayanan kepada anak didik, tenaga kependidikan, dan masyarakat dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan di kota tersebut. Bus ini diresmikan oleh Wali Kota Pematang Siantar, dr Susanti Dewayani SpA, didampingi Ketua TP PKK Kota Pematang Siantar, H Kusma Erizal Ginting SH, di depan Lapangan Pariwisata, Jalan Merdeka, pada Selasa (19/12/2023).

Tujuan dari peluncuran Bus Layanan Pendidikan ini adalah untuk memberikan aksesibilitas yang lebih baik terhadap pendidikan bagi masyarakat di berbagai wilayah Kota Pematang Siantar. Usai pengguntingan pita, dr Susanti membuka pintu bus dan memperkenalkan bus tersebut kepada beberapa murid SD dan SMP yang hadir. Selanjutnya, dr Susanti melepas bus untuk melakukan perjalanan keliling Kota Pematang Siantar.

Advertisement
banner 325x300
Advertisement


Sebelum peluncuran bus, dr Susanti membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Disdik Pematang Siantar di Ballroom Lantai 6 Hotel Sapadia Pematang Siantar. Rakor dengan tema “Bersinergi untuk Mewujudkan Pendidikan yang Berkualitas melalui Implementasi Kurikulum Merdeka dengan Penguatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Kota Pematang Siantar” berlangsung selama dua hari hingga Rabu (20/12/2023).

Dalam arahan dan bimbingannya, dr Susanti mengucapkan terima kasih kepada para guru di Kota Pematang Siantar atas dedikasi dan kontribusi mereka dalam mendidik anak-anak. Ia mengapresiasi prestasi anak-anak Kota Pematang Siantar yang berhasil mencapai tingkat nasional.

Pada kesempatan tersebut, dr Susanti juga mengumumkan bahwa Mars Pematang Siantar akan diatur dalam Perda, termasuk motto Sapangambei Manoktok Hitei yang akan dicantumkan pada lambang Kota Pematang Siantar. Ia berharap agar Mars Pematang Siantar dikumandangkan pada apel pagi setiap Senin dan disosialisasikan kepada siswa-siswi.

Dalam konteks Rakor Pendidikan, dr Susanti menekankan pentingnya evaluasi diri dan kerjasama antarstakeholder untuk menentukan program tahun 2024 yang sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Pematang Siantar. Pendidikan dianggap sebagai upaya nyata dalam menciptakan generasi yang cerdas, berbudi pekerti, dan memiliki pengetahuan luas, sehingga pemerintah terus berupaya menciptakan akses bagi warganya untuk mengakses pendidikan.

Plt Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Pematang Siantar, Rudol Barmen Manurung MPd, dalam laporannya menjelaskan bahwa Rakor Pendidikan bertujuan untuk mengevaluasi capaian pelaksanaan program dan kegiatan pendidikan tahun 2023, mengumpulkan informasi terbaru mengenai kebijakan pendidikan, dan menyusun rencana dan kegiatan pendidikan tahun berikutnya sesuai peraturan perundang-undangan yang terkini.

Rakor dihadiri oleh sekitar 180 peserta, termasuk Pengawas Sekolah SD dan SMP, Kepala TK, SD, dan SMP negeri dan swasta, serta perwakilan berbagai lembaga pendidikan dan kependidikan di Kota Pematang Siantar. Acara juga dihadiri oleh beberapa narasumber dari Instansi terkait seperti Inspektorat Kota Pematang Siantar, Kejaksaan Negeri Pematang Siantar, Polres Pematang Siantar, Tanoto Foundation, dan lainnya.

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS