Pemkab Tapanuli Tengah Gelar Upacara Harkitnas 2022 Wakil Bupati Bertindak Sebagai Irup

Pandan, 22/5 (Batakpost.com)- Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Pemkab Tapteng) menggelar Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-114 Tahun 2022 di Lapangan Sepakbola SMA Negeri 1 Matauli Pandan, Jumat (20/5/2022).

Wakil Bupati Tapanuli Tengah, Darwin Sitompul bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) dan Kapten Lek Andi Fauzi sebagai Komandan Upacara, serta Kapten Inf Syahrial sebagai Perwira Upacara.

Upacara diawali dengan Pengibaran Bendera Merah Putih oleh Paskibraka Tapteng, pembacaan Pancasila oleh Irup Wakil Bupati Tapteng, pembacaan Pembukaan UUD 1945 oleh ASN Pemkab Tapteng, Herman Manalu.

Pada kesempatan itu, Irup Wakil Bupati Tapteng, Darwin Sitompul membacakan pidato Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Menkominfo RI), Johnny G Plate.

BACA JUGA: Puluhan Ribu Masyarakat Hadiri Ramah Tamah Akhir Jabatan Bupati Tapteng Periode Pertama

Menkominfo RI Johnny G. Plate menyampaikan, tahun ini, kita memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke-114. Pada tahun ini, “Ayo Bangkit Bersama” menjadi tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional sebagai bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari pandemi COVID-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir.

Menkominfo mengatakan Harkitnas ini hendaknya tidak kita maknai sebagai seremonial saja namun penting memahami esensi sejarah Kebangkitan Nasional. Boedi Oetomo adalah organisasi pertama di Indonesia yang bersifat nasional dan modern dalam sejarah pergerakan kemerdekaan. Didirikan oleh Dr. Sutomo beserta para mahasiswa STOVIA (School tot Opleiding van Indische Artsen) pada tahun 1908.

Melalui Boedi Oetomo, lanjut Menkominfo, kita dapat mengejar ketertinggalan bangsa Indonesia dari bangsa-bangsa lain. Organisasi ini menyatukan pergerakan di Indonesia dari yang bersifat kedaerahan menjadi nasional dengan tujuan akhir kemerdekaan.

Tujuan didirikannya Boedi Oetomo yang tercetus dalam kongres pertamanya ialah untuk menjamin kehidupan sebagai bangsa yang terhormat dengan fokus pergerakan di bidang pendidikan, pengajaran, dan kebudayaan. Boedi Oetomo telah meletakkan tiga cita-cita bagi kebangkitan nasional yakni memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia.

“Kiranya, semangat Boedi Oetomo masih relevan untuk kita kontekstualisasikan pada kehidupan berbangsa saat ini. Di tengah krisis pandemi COVID-19 dan konflik Ukraina-Rusia yang menyebabkan kondisi ekonomi global serta geopolitik menjadi tidak stabil, kita patut memaknai kebangkitan nasional sebagai upaya kolektif bangsa untuk memperkuat persatuan bangsa,” kata Menkominfo yang dibacakan oleh Irup, Wakil Bupati Tapteng.

BACA JUGA: Bupati Bakhtiar Promosikan Keindahan Pariwisata Tapteng dan Keragaman Budaya

Menkominfo menjelaskan upaya penanganan COVID-19 yang menunjukkan hasil yang baik. “Penanganan COVID-19 yang membaik berimplikasi pada berangsur kembalinya aktivitas masyarakat secara normal,” ujarnya.

Menkominfo juga mengatakan secara perlahan hal ini mendorong pemulihan perekonomian nasional. Hampir seluruh lapangan usaha tumbuh positif, kecuali administrasi pemerintahan dan jasa pendidikan.

“Mari terus kita bekerja keras dan bersinergi menjaga, mempertahankan dan meningkatkan perekonomian nasional Indonesia,” terang Menkominfo.

Menkominfo juga menjelaskan bahwa momentum yang baik ini makin diperkuat dengan peran Indonesia sebagai Presidensi G20 tahun 2022. Pada Presidensi G20 tahun ini, Indonesia mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger”, Pertemuan G20 yang dipimpin oleh Indonesia tahun ini mengusung tiga isu prioritas, yaitu Arsitektur Kesehatan Global yang Inklusif, Transformasi berbasis Digital dan Transisi Energi Berkelanjutan.

Tema dan isu prioritas G20 yang diangkat Indonesia merupakan cerminan dari semangat kebangkitan yang kita rayakan pada hari ini, yakni di tengah keterpurukan akibat pandemi COVID-19, tidak pernah meluruhkan cita kita untuk pulih bersama dan bangkit lebih kuat. Menkominfo mengharapkan kita dapat memaknai semangat pantang menyerah Dr. Sutomo untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional tahun ini sebagai tonggak kebangkitan dari pandemi COVID-19, juga krisis multidimensi yang sedang melanda dunia.

“Dari Indonesia, Dunia Pulih Bersama. Ayo Bangkit Lebih Kuat,” pungkasnya.

Turut hadir pada Upacara Harkitnas 2022 ini, Danrem 023/KS diwakili Kabintal Korem 023/KS Kapten Inf  M.M Napitupulu, Kapolres Tapteng AKBP Jimmy Christian Samma, S.IK, Dansatrad 234/Sibolga Letkol Lek Doddy Setiawan M.Si (Han), Dandim 0211/TT diwakili Danramil 04 Pinangsori Kapten Chb Firman Sitompul, Danlanal Sibolga diwakili Komandan Kal Sarudik Kapten Laut (P) Fidel Castro, DPRD Tapteng, Sekdakab. Tapteng Yetty Sembiring, S.STP, MM, Staf Ahli Bupati dan para Asisten, Kepala Bakesbangpol Tapteng Budi Joniar Siahaan,SE, MM, dan Pimpinan OPD Pemkab Tapteng, ASN di lingkungan Pemkab Tapteng, serta Paduan Suara SMA Swasta katolik Fransiskus, Barisan TNI-POLRI, ASN, dan Barisan Mahasiswa.

Upacara ini berlangsung tertib dan khidmat.Selanjutnya dilaksanakan Ziarah ke Makam Pahlawan Nasional Dr. FL. Tobing, yang juga turut dihadiri oleh Camat Kolang, Forkopimka Kolang, dan tamu undangan lainnya. (red)