Peletakan Batu Pertama Sains dan Teknologi Hortikultura di Humbang

Humbahas67 Dilihat

Humbang, 23/12 (Batakpost.com)- Danrem 023/KS Kolonel Inf Febriel B Sikumbang, S.H., M.M mendampingi Pandam I/BB Mayjen TNI Hassanudin, S.I.P., M.M para acara Peletakan Batu Pertama Sains dan Teknologi Hortikultura (TSTH2) Oleh Menko Marves Jenderal (Purn) Luhut Binsar Panjaitan di Desa Aek Nauli, Kecamatan Pollung, Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, Kamis (23/12/2021)

Pangdam I/BB, Gubernur Sumut, Kapoldasu dan Danrem 023/KS Menyambut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan yang didampingi Menteri Kesehatan, Menteri Wamen PUPR, Menteri Pertanian, Wamen LHK, Kepala LPS, Dirjen Pertanian, Ka BSSN, Dirut PLN, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Humbang Hasundutan dalam rangka kunjungan lapangan ke lokasi lahan Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) dan Tanaman Sains Teknologi Herbal-Hortikultura Center (TST-H2C) Humbang Hasundutan

Baca Juga:  Kasrem 023/KS Hadiri Pembukaan TMMD ke-109 Kodim 0210/TU di Humbahas

Menko Marves mengatakan, bahwa dia menginginkan adanya Herbal Research Center yang kelas dunia.

“Kita akan melakukan kerja sama dengan BPPT, ITB, IPB, UI, UGM, USU dan IT-DEL sebagai leading sektor. Nanti di sini akan dikembangkan Herbal Research Center karena Indonesia mempunyai sekitar 30.000 jenis herbal,” ungkapnya.

Disamping itu nanti akan dilakukan penelitian-penelitan bibit-bibit hortikultura kualitas tinggi seperti kentang, bawang putih, bawang merah dan juga tanaman lain seperti kopi, mangga, durian dan lain-lain.

Baca Juga:  Punya Uang Kertas Pecahan Lama? Segera Tukarkan, Jika Tidak Ini Akibatnya

“Di sinilah pusat bibit-bibit sehingga bisa dinikmati masyarakat,” katanya.

Dengan demikian ke depannya, masyarakat tidak lagi menyebut ini bibit Thailand melainkan sudah menjadi Bibit Pollung.

Masih menurut Luhut, Pemerintah saat ini merencanakan peternakan sapi yang nantinya akan dikembangkan di lokasi yang sama, sehingga nanti kotoran dan air seni sapi bisa digunakan sebagai pupuk organik.

“Hal ini memungkinkan produk hortikultura dari lokasi ini,” sebut Luhut.

Di akhir sambutannya Menko Marves mengajak semua masyarakat untuk mendukung agar semua rencana tersebut berjalan baik, dengan hati yang baik.

Baca Juga:  Arus Mudik Natal Tahun Baru Padat di Humbahas

“Percayalah bahwa kita akan memberikan yang terbaik buat masyarakat Humbahas,” pungkasnya.

Turut hadir dalam acara itu Bupati Humbahas, Wakil Bupati Humbahas, Dandim 0213/TU, Kapolres Humbang Hasundutan, Sekda Kabupaten Humbahas, Mewakili Kajari Humbahas, para Asisten dan Staf Ahli Bupati, Pimpinan OPD Humbahas (ril)