Masyarakat di Samosir Dapat Sosialisasi QRIS Lewat Tortor Digifest 2022

Samosir, 5/7 (Batakpost.com)- Kembali Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Sibolga menggelar kegiatan dan sosialisasi kepada masyarakat. Kali ini kegiatan yang dilakukan bertemakan Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) dengan tajuk “Tortor Digifest 2022” yang dipusatkan di Creative Hub Samosir, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, selama dua hari, 5-6 Juli 2022.

Salah satu tema penting dalam event ini adalah, sosialisasi penggunaan Quick Response Indonesian Standard (QRIS), atau sistem pembayaran dengan menggunakan satu  QR (Quick Reponce).

Di hadapan pengunjung dan para pedagang, KPw Bank Indonesia Sibolga memaparkan apa itu QRIS dan mafaatnya kepada masyarakat.

Josep Rismanto Simanullang bersama Ruth Damayanti Lumbantobing dari Unit Implementasi Kebijakan Sistem Pembayaran KPw BI Sibolga, secara gamblang menjelaskan apa itu QRIS dan manfaatnya.

Dijelaskan mereka berdua, bahwa saat ini perubahan sistem pembayaran dari uang fisik ke digital atau uang elektronik terus disosialisasikan. Dan Bank Indonesia sejak Januari 2020 telah meluncurkan satu sistem pembayaran digital dengan satu QR, yaitu QRIS.

BACA JUGA: QRIS Inovasi Pembayaran Praktis dan Aman di Era Digitalisasi

Di mana dengan menggunakan QRIS, sistem pembayaran semakin dimudahkan, karena cukup menggunakan satu QR untuk beragam transaksi. Selain itu, transaksi pembayaran menggunakan QRIS aman karena diawasi langsung oleh Bank Indonesia.

“Untuk itu kami mengajak seluruh masyarakat dan juga para pedagang dan pegusaha khususnya yang ada di Kabupaten Samosir ini untuk bertransaksi dengan QRIS. Dan perlu kami sampaikan, bahwa QRIS ini bukan aplikasi melainkan sistem pembayaran,” ungkapnya.

Sosilisasi ini semakin hidup dengan adanya interaksi dan quis dari Josep bersama Ruth kepada para pedagang dan juga pengunjung Creative Hub Samosir.

Selain sosialisasi QRIS sejumlah rangkaian digelar mulai tadi pagi sampai besok. Di antaranya, Talkshow (Hybrid), Bazaar, Digital Initiative Award, Launching Siap Qris Pasar, Digital Transaction Mement, Onboarding Digitalsasi UMKM, BI Kas Keliling, Lomba Rank 1, Lomba Karya Tulis, Lomba Menggambar dan Mewarnai, Lomba Fashion Show, Live Music dan Mini Games.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Akan Berkungjung ke Nias, Kapolres Tapteng dan Sibolga Lepas Personel BKO

Kegiatan ini juga diisi dengan hasil UMKM binaan Bank Indonesia Sibolga, dan juga UMKM dari Pemkab Samosir.

Sebelumnya, acara ini dibuka secara virtual oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Sandiaga Uno yang disaksikan secara virtual oleh Anggota DPR-RI Sihar Sitorus, Gubernur Sumatera Utara yang diwakili Kadis Pariwisata Provinsi Sumatera Utara. Dan juga dihadiri langsung oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara, Doddy Zulverdi, Kepala Perwakilan BI Sibolga, Aswin Kosotali, Bupati Samosir Vandiko Gultom, Bupati Toba Poltak Sitorus dan Bupati Tapanuli Selatan Dolly Putra Parlindungan Pasaribu.

Acara ini pun berlangsung meriah dan mendapat sambutan positif dari masyarakat sekitar serta dari Pemkab Samosir. (HAT)