Segenap kru batakpost.com mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024, Semoga doa dan usaha kita diterima oleh Allah Swt. Taqabbalallahu minna wa minkum. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
Berita UtamaMartabe Gold Mine

Memandirikan Masyarakat Lewat PPM PT Agincourt Resources

749
×

Memandirikan Masyarakat Lewat PPM PT Agincourt Resources

Sebarkan artikel ini
General Manager PTAR Rahmad Lubis, Senior Manager Corporate Communications Katarina Siburian Hardono, Manager Public Relations Reni Nugrahika Radhan, Rohani Simbolon, Community Development Manager foto bersama dengan para wartawan usai acara Buka Puasa Bersama di Padangsidimpuan. (Batakpost.com/Doc:PTRAR)
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Batangtoru, 15/4 (Batakpost.com)- PT Agincourt Resources (PTAR) atau Tambang Emas Martabe yang berada di Kecamatan Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara memiliki Program yang diberi nama Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM).

Lewat program ini PT menyalurkan dana CSR nya untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat yang ada di kawasan tambang secara khusus, umumnya masyarakat Tapanuli Selatan.

Advertisement
banner 325x300
Advertisement


Rohani Simbolon selaku Community Development Manager PTAR memaparkan apa-apa jenis PPM serta tujuan akhir dari program tersebut.

Dijelaskannya, program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat (PPM) PT Agincourt Resources (PTAR), baik program jangka pendek maupun panjang, bertujuan meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat. Sesuai dengan AMDAL, fokus PPM PTAR ada di 15 desa lingkar tambang sebagai ring 1. Tujuan akhirnya adalah kemandirian masyarakat pasca PTAR sudah tidak beroperasi.

“Semua program kami direncanakan dan dilaksanakan di bawah payung Rencana Induk PPM 2018-2031, yang sudah memenuhi semua peraturan berlaku berdasarkan Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 1824 K/30/MEM/2018 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat. Rencana Induk ini merupakan referensi kami dalam merencanakan dan melaksanakan program,” terangnya pada acara buka puasa bersama PTAR dengan wargawan di Padangsidimpuan, Rabu (12/4/2023).

Salah satu target PPM PTAR kata dia adalah, menemukan aktor lokal (local champion) dari sisi ekonomi yang nantinya bisa menjadi multiplier effect di masyarakat. Misalnya saja, mereka sudah menemukan aktor lokal yaaitu Iman Saleh dari Sipenggeng. Ia telah membuka penangkaran benih padi dan tahun ini dan telah menghimpun 30 ton gabah dari petani sekitar.

Aktor lokal ini kata Rohani berhasil membuka akses pasar ke BUMN bidang pertanian.

Contoh lainnya, di bidang ekonomi kreatif. PTAR telah menemukan Santi dari Kelurahan Aek Pining telah berhasil mengembangkan batik Tapsel.

“Sesuai ketentuan pemerintah, program PPM fokus pada 5 pilar, yakni kesehatan, pendidikan, pengembangan usaha lokal, infrastruktur publik, dan hubungan masyarakat,” ujarnya.

Baca juga dan pada tahun…