Medan

KPRI Pemko Medan Berikan Beasiswa kepada 184 Pelajar Berprestasi: Membangun Prestasi Akademik

163
×

KPRI Pemko Medan Berikan Beasiswa kepada 184 Pelajar Berprestasi: Membangun Prestasi Akademik

Sebarkan artikel ini
KPRI Pemko Medan Berikan Beasiswa kepada 184 Pelajar Berprestasi: Membangun Prestasi Akademik
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Medan, 31/8 (Batakpost.com) – Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Pemko Medan memberikan beasiswa kepada 184 pelajar berprestasi yang merupakan anak anggota. Langkah pemberian beasiswa ini bertujuan untuk memberikan motivasi lebih kepada para pelajar tingkat SD, SMP, dan SMA agar mereka dapat terus meningkatkan prestasi akademik.

Dalam acara yang dihadiri oleh Pengawas KPRI Pemko Medan, Sulaiman Harahap, yang juga menjabat sebagai Inspektur Kota Medan, serta dihadiri pula oleh Sekretaris Madona Susanti dan Ketua II Bahrian Effendi, Ketua KPRI, Drs. Ahmad Basaruddin menyampaikan pandangannya. Dalam kesempatan tersebut, Ahmad Basaruddin mengungkapkan bahwa jumlah penerima beasiswa terbagi menjadi 61 siswa SD, 61 siswa SMP, dan 62 siswa SMA.

Berikut adalah rincian besaran beasiswa untuk masing-masing jenjang pendidikan: Siswa SD yang meraih Juara I akan menerima beasiswa sebesar Rp1.500.000, Juara II sebesar Rp1.250.000, dan Juara III sebesar Rp1.000.000. Sedangkan untuk siswa SMP, Juara I akan mendapatkan beasiswa sebesar Rp1.750.000, Juara II sebesar Rp1.500.000, dan Juara III sebesar Rp1.250.000. Pada tingkat SMA, Juara I berhak atas beasiswa sebesar Rp2.000.000, Juara II sebesar Rp1.750.000, dan Juara III sebesar Rp1.500.000.

Ahmad Basaruddin menjelaskan bahwa kriteria penerima beasiswa ditentukan berdasarkan surat keterangan yang dikeluarkan oleh sekolah masing-masing siswa. Ia menjelaskan bahwa proses seleksi dimulai dengan pengumuman kepada anggota koperasi, kemudian anggota koperasi dapat mengajukan nama anak mereka yang telah mencapai prestasi akademik, didukung oleh surat keterangan dari sekolah.

Pemberian beasiswa ini sendiri telah dimulai sejak tahun 2013 ketika Ahmad Basaruddin menjabat sebagai Ketua KPRI. Namun, pelaksanaannya sempat tertunda akibat pandemi Covid-19 dan baru dapat dilanjutkan pada tahun 2023.

Pada acara tersebut, Sulaiman Harahap, Pengawas KPRI Pemko Medan, berharap bahwa beasiswa ini akan memberikan manfaat yang besar dan dapat mendorong peningkatan prestasi akademik para pelajar. Ia menekankan kepada para penerima beasiswa bahwa yang lebih penting dari nilai uang adalah kebanggaan mereka atas prestasi yang telah diraih serta kemampuan untuk mengelola uang tersebut dengan bijak untuk mendukung pendidikan mereka.

Sulaiman juga menegaskan bahwa pemberian beasiswa ini sejalan dengan visi misi Wali Kota Medan, Bobby Nasution, untuk mewujudkan Medan yang berkat, maju, dan kondusif. Ia mengungkapkan bahwa kemajuan Medan termasuk peningkatan kualitas pendidikan masyarakat, dan acara ini merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap visi misi tersebut.

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS