Karena Macet, Wisatawan yang Pingsan di Parapat Dievakuasi Lewat Perairan Danau Toba

Simalungun, 7/5 (Batakpost.com)- Seorang wanita jatuh pingsan saat berlibur di Tugu Suar, Parapat, Sumatera Utara (Sumut). Wanita bernama Maya Hariani (38) itu dievakuasi melalui Danau Toba oleh petugas yang berada di lokasi.

“Tim patroli dan siaga Pos SAR Parapat, Danau Toba, bersama Polisi Air (Polair) melakukan evakuasi terhadap pengunjung yang pingsan saat berlibur di Tugu Suar Parapat ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Parapat melalui jalur danau,” kata Koordinator Pos SAR Parapat Danau Toba, Hisar Turnip, Sabtu (7/5/2022).

Baca Juga:  Menuju Satu Dekade JKN: Kontribusi BPJS Kesehatan Mewujudkan Indonesia Lebih Sehat

Hisar mengatakan peristiwa itu terjadi pada Jumat (6/5) kemarin. Maya merupakan wisatawan yang datang dari Kabupaten Padang Lawas. Hisar menjelaskan, pihaknya mendapatkan informasi terkait pingsannya Maya dari warga. Dia mengatakan warga yang menghubungi Pos SAR untuk memberikan pertolongan.

BACA JUGA: Taruna AAL dan AAD Asal Sibolga Kunjungi Pos Pengamanan

“Warga sekitar menelepon Pos SAR Parapat untuk meminta bantuan. Setelah mendapat laporan, tim langsung turun ke lokasi dan melakukan penjemputan. tim melakukan tindakan cepat agar wisatawan dapat di tolong,” ucap Hisar.

Baca Juga:  Menko Luhut Harapkan Satu Juta Turis pada Event F1 H2O di Toba

Dikatakan Hisar proses evakuasi melalui jalur danau dilakukan karena kondisi jalur darat yang macet. Jalur danau merupakan jalur paling mudah untuk melakukan evakuasi.

“Mengingat jalur darat yang ramai dan macet, tim memutuskan untuk mengevakuasi korban melalui jalur danau/air,” ujar Hisar.

Hisar kemudian mengimbau warga untuk tetap berhati-hati selama berlibur di kawasan Danau Toba. Dia meminta warga mengutamakan kesehatan dan keselamatan.

“Utamakan selalu keamanan dan keselamatan. Jaga kondisi fisik,” jelas Hisar.

Baca Juga:  Walikota Sibolga Ucapkan Terimakasi Kepada Lantas Tapteng, Kenapa?

Sekedar untuk diketahui, saat ini kondisi jalur lintasan di sekitar Danau Toba mulai padat. Hal ini disebabkan tingginya volume kendaraan arus balik lebaran 2022. Jalur Danau Toba merupakan jalur utama dari dan menuju Pantai Barat Sumatera.

Jalur ini umumnya dilalui pemudik untuk tujuan Toba, Tapanuli Utara (Taput), Humbang Hasundutan (Humbahas) Sibolga, Tapanuli Tengah (Tapteng), Tapanuli Selatan (Tapsel) dan pemudik yang menyeberang ke Pulau Nias. (dtc/sumut)