Segenap kru batakpost.com mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024, Semoga doa dan usaha kita diterima oleh Allah Swt. Taqabbalallahu minna wa minkum. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
Lintas Sumut

HPN 2024: Kebebasan Pers Menghadapi Tantangan di Era Digital

157
×

HPN 2024: Kebebasan Pers Menghadapi Tantangan di Era Digital

Sebarkan artikel ini
HPN 2024: Kebebasan Pers Menghadapi Tantangan di Era Digital
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Binjai, 22/2 (Batakpost.com) – Dalam perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2024 di Candi Bentar Hall Ancol, Jakarta, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Binjai turut hadir dalam acara puncak yang bertemakan “Pers Mewujudkan Demokrasi di Era Digital”. Acara ini dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Presiden RI Joko Widodo.

Turut hadir dalam acara tersebut Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Polisi Listiyo Sigit Prabowo, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu, serta berbagai tokoh lainnya dari berbagai daerah, termasuk Kota Binjai.

Advertisement
banner 325x300
Advertisement


HPN 2024 dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo, yang dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada pers yang telah mengawal Pemilu 2024 dengan baik dan memberikan edukasi informasi kepada masyarakat. Beliau juga menekankan bahwa pers memiliki tantangan besar di era digital, namun pemerintah berkomitmen untuk menjunjung tinggi kebebasan pers.

“Pemerintah terus berupaya mendukung ekosistem pers yang adaptif dengan tetap menghormati kebebasan pers,” ujar Presiden.

Presiden juga menyoroti pentingnya jurnalisme berkualitas dan berkelanjutan dalam era digital, serta menyampaikan komitmen pemerintah untuk melindungi industri pers melalui Peraturan Presiden Publisher Rights.

Di sisi lain, PWI juga memberikan penghargaan kepada beberapa tokoh yang dinilai telah memberikan kontribusi besar dalam mendukung pers, termasuk Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi.

Selain itu, beberapa kepala daerah juga menerima Anugerah PWI 2024 atas kontribusi mereka dalam mendukung kebebasan pers dan peningkatan kualitas jurnalisme.

HPN 2024 menjadi momentum penting bagi pers Indonesia untuk meneguhkan komitmennya dalam mewujudkan demokrasi dan memberikan informasi berkualitas kepada masyarakat.(int)

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS