Gereja HKBP Jordan Perancis Diresmikan, Darwin: Ini Niat Tulus Saya

Tapteng, 11/9 (Batakpost.com)- Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Jordan Perancis yang ada di Kecamatan Pinangsori, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara, diresmikan oleh Praeses HKBP Distrik IX (Sibolga-Tapteng-Nias), Pdt. Donda Simanjuntak, M.Th, Minggu (11/9/2022).

Peresmian gereja bantuan dari Darwin Sitompul mantan Wakil Bupati Tapanuli Tengah yang juga Ketua DPD Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Provinisi Sumatera itu, ditandai dengan pembukaan selubung plakat gereja, dan penandatanganan Prasasti oleh Praeses dan Pendeta Resort HKBP Pinangsori Pdt. Henni Frandy Panjaitan, S.Th.

BACA JUGA: GAMKI Tapteng Ajak Jemaat HKBP Sihorbo Hormati Keputusan Kantor Pusat Terkait Perpindahan Pendeta Resort

Setelah itu, Darwin Sitompul dan keluarga didaulat mengunting pita tanda diresmikannya gereja dan dilanjutkan dengan ibadah Minggu yang dipimpin Praeses dan Pendeta Resort.

Dalam khotbahnya Praeses bersyukur dan berterima kasih kepada kelurga Darwin Sitompul yang sudah tergerak hatinya untuk membangun rumah Tuhan.

Dia berharap, kiranya kehadiran gereja yang megah itu, semakin menambah semangat jemaat HKBP Jordan untuk memuji dan melayani Tuhan.

Darwin Sitompul yang didampingi istri Ny Juli Darwin Sitompul dan Ibunda Darwin Sitompul (Op Desy boru) dalam sambutannya menyampaikan, bahwa apa yang mereka lakukan sebagai perpanjangan tangan Tuhan untuk membangun gereja HKBP Jordan.

“Ini adalah spontanitas. Kebetulan saya lewat dan melihat gereja ini, di situ langsung timbul niat saya secara spontan untuk membangun Gereja ini. Puji Tuhan, bisa terlaksana dengan baik hingga bisa kita resmikan hari ini,” ungkapnya.

Untuk itu dia meminta, agar jangan ada kecemburuan atau anggapan pilih kasih, karena ini adalah gerakan spontaitas, jelas Darwin yang disambut tepuk tangan dari jemaat dan undangan.

“Pembangun Gereja HKBP Jordan ini terlaksana dengan niat yang tulus, tidak ada hubungannya dengan politik. Kalau ada hubungannya dengan politik, ini tidak seimbang dengan banyaknya jumlah jemaat gereja ini. Tetapi ini murni spontanitas saya agar jemaat gereja ini semakin nyaman untuk beribadah memuji Tuhan,” kata Darwin menjelaskan.

Sementara itu Bakhtiar Ahmad Sibarani mantan Bupati Tapanuli Tengah yang diundang hadir dalam kegiatan itu bangga dan memuji niat tulus dari sahatabnya Darwin Sitompul.

“Saya sampaikan kepada Bapak Darwin Sitompul dan keluarga, kebaikan yang kita lakukan Tuhan pasti tahu. Biarlah orang mengkait-kaitkan ke persoalan yang tidak mungkin di hati kita dengan berandai-andai. Biarlah kuasa Tuhan yang berdaulat atas itu,” kata Bakhtiar.

Lebih lanjut Ketua DPD NasDem Tapanuli Tengah itu menuturkan, salah satu yang patut mereka syukuri saat menjabat Bupati dan Wakil Bupati Tapanuli Tengah hingga saat ini adalah hubungan kekeluargaan yang sangat harmonis di antara mereka.

Bakhtiar Ahmad Sibarani mantan Bupati Tapanuli Tengah dan Darwin Sitompul Mantan Wakil Bupati foto bersama dengan Pendeta Resort HKBP PInangsori, Pdt Henni Frandy Panjaitan, S.Th., usai peresmian Gereja HKBP Jordan Perancis. (Batakpost.com/red)
Bakhtiar Ahmad Sibarani mantan Bupati Tapanuli Tengah dan Darwin Sitompul Mantan Wakil Bupati foto bersama dengan Pendeta Resort HKBP PInangsori, Pdt Henni Frandy Panjaitan, S.Th., usai peresmian Gereja HKBP Jordan Perancis. (Batakpost.com/red)

“Mulai kami mencalon dan sampai menjadi Bupati dan Wakil Bupati hingga kami sudah tidak menjabat lagi, kami tetap kompak dan akur. Bapak Darwin membangun dan meresmikan gereja, saya datang. Dan itu sebagai bukti kekompakan kami,” ungkapnya, seraya mebambahkan bahwa banyak Kepala Daerah dan Wakilnya tidak sekompak dan seakur mereka.

Tidak lupa tokoh inspirasi ini juga mengimbau seluruh warga jemaat dan masyarakat Tapanuli Tengah untuk tetap menjaga kekompakan dan kebersamaan serta saling menghormati.

“Niat baik dari Bapak Darwin harus kita sambut dengan suka cita, jagan dipolitisir atau dikait-kaitkan. Karena inilah kelebihan putra daerah yang tinggal di daerahnya, peduli dan memperhatikan daerahnya,” pungkasnya.

Di kesempatan itu juga, panitia dan pelayan HKBP Jordan serta Praeses memberikan upah-upah dan juga ulos sebagai ucapan terima kasih dari jemaat dan pelayan gereja HKBP Jorman kepada Darwin Sitompul dan kelurga, serta kepada Ompung Desy boru (Ibunda Darwin Sitompul).

Usai acara upah-upah, Praeses HKBP Distrik IX Pdt Donda Simanjuntak menggalang dana spontan untuk pembelian sound sytem gereja lewat lagu pujian. Saat itu terkumpul dana Rp 4 juta lebih.

Di kesempatan itu juga spontan Anggota DPRD Tapteng Josua Marudut Tua Habeahan yang juga sebagai Ketua Pemuda Katolik Komisariat Cabang Kabupaten Tapanuli Tengah, menyumbang Rp 5 juta rupiah untuk penambahan pembelian sound system gereja HKBP Jordan.

“Ini adalah bantuan dari kami, jangan dilihat dari besarnya, tetapi ketulusan dan niat dari kami selaku Ketua Pemuda Katolik Cabang Tapanuli Tengah dan anggota Dewan saling mendukung,” ucapnya.

Darwin Berikan Bantuan Untuk Masjid Nurul Iman Perancis

Darwin Sitompul saat menyerahkan bantuan sebesar Rp 5 juta kepada Masjid Nurul Iman Perancis di sela-sela acara peresmian Gereja HKBP Jordan Perancis, sebagai bentuk kebersamaan dan kerukunan umat beragama. (Batakpost.com/red)
Darwin Sitompul saat menyerahkan bantuan sebesar Rp 5 juta kepada Masjid Nurul Iman Perancis di sela-sela acara peresmian Gereja HKBP Jordan Perancis, sebagai bentuk kebersamaan dan kerukunan umat beragama. (Batakpost.com/red)

Peresmian gereja HKBP Jordan ini semakin penuh makna dan kebersamaan. Di mana Darwin Sitompul, juga memberikan bantuan untuk Masjid Nurul Iman Perancis sebesar Rp 5 juta. Bantuan itu diterima langsung oleh BKM Masjid Nurul.

“Bantuan ini sebagai ungkapan rasa terima kasih dari kami sekeluarga. Kiranya dapat dipergunakan semestinya. Saya selaku warga daerah ini yang lahir dan besar di daerah ini sangat memuji dan bersyukur atas kerukunan antar umat beragama yang terjalin cukup baik di daerah kita ini. Ini harus tetap kita jaga dengan cara saling menghargai dan saling mendukung,” ajak Darwin.

Peresmian gereja HKBP ini pun berjalan lancar dengan penuh suka cita. Beberapa kumpulan Koor Ama turut diundang, termasuk Koor Ama dari HKBP Balige. (red)