Berita UtamaKepulauan Nias

Dukung Peningkatan Ekonomi di Kepulauan Nias, BI Sibolga Gelar Ya’ahowu Digifest

324
×

Dukung Peningkatan Ekonomi di Kepulauan Nias, BI Sibolga Gelar Ya’ahowu Digifest

Sebarkan artikel ini
Ya’ahowu Digifest yang digelar selama dua hari, Kamis-Jumat, 12-13 Oktober 2023 di Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara. (Batakpost.com/Jasgul)
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Gunungsitoli, 11/10 (Batakpost.com)- Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Sibolga terus mengembangkan program kegiatan Akselerasi Akseptansi Digitalisasi di wilayah kerja Bank Indonesia Sibolga, salah satunya melalui Ya’ahowu Digifest yang digelar selama dua hari, Kamis-Jumat, 12-13 Oktober 2023 di Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara.

Melalui event ini, BI Sibolga mengajak kelima Pemerintah Daerah (Pemda) yang ada di Kepulauan Nias (Kota Gunungsitoli, Kabupaten Nias, Kabupaten Nias Utara, Kabupaten Nias Selatan, Kabupaten Nias Barat) untuk mengakselerasi (mempercepat) implementasi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) yang merupakan bagian dari upaya peningkatan ekonomi daerah dengan meningkatkan serta memperluas pemahaman penggunaan pembayaran digital di masyarakat khususnya Quick Response Indonesian Standar (QRIS).

Ya’ahowu Digifest yang merupakan sinergi antara Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sibolga dengan kelima pemerintah daerah yang ada di Kepulauan Nias, dan menjadi event kedua setelah pertama kali dilaksanakan pada 5-6 Juli 2022 di Pangururan, Kabupaten Samosir dengan tajuk Tor-Tor Digifest 2022.

Event yang diinisiasi sejak tahun 2022 ini dapat memberikan dampak serta manfaat yang baik bagi pemerintah daerah, penyedia jasa pembayaran bank dan non bank, pelaku usaha, masyarakat, maupun bagi Kantor Perwakilan Bank Indonesia.

Ada pun rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam event ini yaitu; High Level Meeting Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) yang melibatkan seluruh Pemda di Kepulauan Nias, Selebrasi Launching Karya Kretaif Indonesia (KKI), Launching Nontunai, Seremoni Penaikan Plafon Kas Titipan Bank Indonesia di Gunungsitoli, Talk Show Sistem Pembayaran Nontunai, Sosialisasi QRIS, Sosialisasi Perlindungan Konsumen, Sosialisasi Cinta dan Bangga Paham Rupiah, Lomba Fashion Show Anak-anak, Lomba Mewarnai, Lomba Paduan Suara Tingkat SMA, Hiburan (Anis Gea) dan beragam kegiatan lainnya.

Rangkaian yang diselenggarakan dalam Ya’ahowu Digifest ini searah dengan kebijakan Bank Indonesia dalam upaya mendorong akselerasi penggunaan QRIS, akselerasi persiapan implementasi KKI, serta pengembangan produk UMKM yang ungguÌ dengan digitalisasi, mendukung peningkatan pariwisata, sekaligus bentuk dukungan BI Sibolga dalam Program Nasional Festival Ekonomi Keungan Digital Indonesia (FEKDI)

Ya’ahowu Digifest 2023 ini akan mampu meningkatkan pemahaman dan awareness (kesadaran) masyarakat khususnya di Kepulauan Nias, Provinsi Sumatera Utara untuk mendukung Flag Ship Event Bank Indonesia, yaitu Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI). (Jasgul)

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS