EkonomiTapanuli Tengah

Dinas Pertanian Sosialisasikan Penyaluran KUR Untuk Petani Tapteng

242
×

Dinas Pertanian Sosialisasikan Penyaluran KUR Untuk Petani Tapteng

Sebarkan artikel ini
Dinas Pertanian Tapanuli Tengah bersama dengan Bank Sumut Cabang Pandan, PT Daun Agro Nusantara dan Asuransi Jasindo, mengadakan sosialisasi kepada petani tentang penyaluran KUR Pertanian dari Perbankan, Kamis (27/1) di Kecamatan Barus. (Batakpost.com/red)
Example 300x600

Tapteng, 27/1 (Batakpost.com)- Bupati Tapanuli Tengah, Bakhtiar Ahmad Sibarani tak kenal lelah mencari jalan agar kehidupan para petani di daerahnya meningkat.

Salah satu cara yang dilakukan Bupati dengan menggandeng perbankan, dalam hal ini PT Bank Sumut bekerja sama dengan PT Daun Agro Nusantara selaku off taker (penjamin komoditas hasil tani), dan Asuransi Jasindo untuk penyaluran KUR Pertanian perbankan kepada petani.

Untuk mengingkat kerja sama itu, Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani telah menandatangani Memorandum of Uderstanding (MoU) dengan masing-masing pihak belum lama ini.

Berkat hasil kerja sama itu, Dinas Pertanian Tapanuli Tengah bersama dengan Bank Sumut Cabang Pandan, PT Daun Agro Nusantara dan Asuransi Jasindo, mengadakan sosialisasi kepada petani yang ada di tiga kecamatan, yaitu Barus, Barus Utara, Andam Dewi, yang di pusatkan di Kecamatan Barus, Kamis (27/1).

Untuk tahap awal, petani yang akan menerima KUR sebanyak 4.500 petani.

BACA JUGA: Tapteng Terpilih Sebagai Sasaran Program Sekolah Penggerak dari Kemendikbud-Ristek

Menurut Kepala Dinas Pertanian Tapanuli Tengah, Herman Suwito dalam sambutannya menyampaikan, bahwa Bupati Tapanuli Tengah mengamanahkan agar sektor pertanian di Tapteng khusunya untuk komoditi padi dan jagung harus maju, sehingga kehidupan ekonomi petani meningkat sebagaimana visi misi Bupati.

“Untuk itulah hari ini Dinas Pertanian Tapteng bersama dengan PT Daun Agro Nusantan dan Asuransi Jasindo melakukan kegiatan sosialisasi dengan mengumpulkan para stake holder (pemangku kebijakan) di tiap kecamatan untuk membantu mensosialisasikan program KUR Pertanian kepada masyarakat tani di daerahnya masing-masing untuk ikut bergabung,” ajak Herman.

Dikatakan Herman, berdasarkan riset dan kajian yang dilakukan, bahwa program KUR Pertanian mampu meningkatkan kesejahteraan petani dalam rangka swasembada pangan untuk mendukung ketahanan pangan di Kabupaten Tapanuli Tengah.

“Riset dan kajian sudah dilakukan, dan program ini akan membawa peningkatan ekonomi bagi pertani,” ungkap Herman.

Pada kesempatan itu, Dirut PT Daun Agro Nusantara, M Hadi Nainggolan menyampaikan, bahwa sebagai perusahaan offtaker dalam skema pembiayaan, pihaknya membuka akses pembiayaan kepada petani melalui perbankan, sekaligus sebagai penjamin kepada lembaga perbankan.

“Kami dari PT Daun Agro juga sebagai penjamin untuk membeli hasil pertanian, juga akan melakukan edukasi kepada petani dalam hal budi daya dengan didampingi ahli-ahli pertanian yang kami siapkan,” kata Nainggolan.

Para kelompok tani pun sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani atas hadirnya KUR Pertanian. Mereka mengaku, dengan hadirnya KUR Pertanian maka hasil pertanian mereka pasti meningkat, karena modal untuk bertani sudah ada tidak seperti selama ini harus meminjam kepada rentenir dengan bunga yang cukup besar.

BACA JUGA: Tapanuli Tengah Menuju Swasembada Pangan

Dan yang luar biasanya, hasil panen petani sudah ada penampungnya dengan harga yang terjamin.

“Ini sangat luar biasa, terima kasih Bapak Bupati atas upaya dan kerja kerasnya untuk kami petani ini, sehingga kami bisa mendapatkan KUR Pertanian ini,” ucap Hendrik Limbong Ketua Kelompok Tani Makmur dengan bangga.

Hal senada juga disampaikan Puddin Sihombing, Ketua Poktan Indah Galoga Bukit Gabungan Hasang, Barus. Dia mengakui kehebatan dan komitmen Bupati untuk memajukan pertanian di Tapteng dengan mendatangkan bantuan KUR Pertanian. Karena selam ini petani sering terbentur dimodal.

“Terima kasih Bapak Bupati atas perjuangan Bapak untuk kami para petani ini. Kami yakin dengan adanya bantuan KUR ini serta pihak penampung hasil panen, maka kehidupan kami pasti meningkat. Kami pasti siap mendukung program Bapak Bupati,” ungkapnya.

Turut hadir dalam sosialisasi ini, Syahmawan Harahap selaku Pimpinan Seksi Ritel PT Bank SUMUT Cabang Pandan, Adhytia Immanuel dari Asuransi Jasindo Cabang Padangsidimpuan, dan para camat dan lurah serta kelompok tani yang ada di tiga kecamatan. (red)