Berita UtamaBudaya

Di Hari Ulos 2023 Seribu Meter Ulos dari Lima Puak Diarak Mengelilingi Danau Toba

131
×

Di Hari Ulos 2023 Seribu Meter Ulos dari Lima Puak Diarak Mengelilingi Danau Toba

Sebarkan artikel ini
Sepanjang seribu meter ulos akan diarak mengelilingi kawasan Danau Toba pada peringatan Hari Ulos 2023. (Foto ilustrasi/Ant)
Example 300x600

Samosir, 29/8 (Batakpost.com)- Yayasan Pusuk Buhit telah mengumumkan rencananya untuk menggelar perayaan Hari Ulos dengan cara yang sangat istimewa. Pada tanggal 17 Oktober 2023 mendatang, sepanjang seribu meter ulos bermotif dari 5 puak Batak akan diarak mengelilingi Kawasan Danau Toba dalam rangka memperingati hari yang istimewa itu.

Rangkaian perayaan akan berlangsung dari tanggal 15 hingga 17 Oktober 2023, yang dimulai dari Jembatan Tano Ponggol, Pangururan, Samosir, dan berakhir di Open Stage Parapat, Simalungun.

Ketua Yayasan Pusuk Buhit, Efendy, berbicara kepada wartawan menjelaskan bahwa ulos bermotif khas Batak Toba, Simalungun, Karo, Pakpak, dan Angkola akan diarak menggunakan sepeda motor.

“Dengan tema “Ulos For Indonesia” dan sub tema “Ulos Menyatukan Kita” seribu meter ulos akan diarak dengan menggunakan sepeda motor,” terang Efendy pada Selasa (29/8/2023) di Sekretariat Lumban Butar II, Siogung-ogung, Pangururan, Samosir, Sumatera Utara.

Hari Ulos pertama kali dideklarasikan di Sekretariat Punguan Pomparan Si Raja Oloan Boru Bere se-Indonesia di Jalan Sei Galang 10-12 Medan. Pembentangan ulos juga dilakukan di Jalan A Yani, Kesawan, Medan.

Martha Pasaribu, selaku Ketua Panitia peringatan Hari Ulos, bersama dengan RAY Sinambela, Harry Naibaho, dan Efendy Naibaho berkontribusi dalam acara ini, termasuk orasi ulos yang disampaikan oleh Manguji Nababan.

Rute perarakan seribu meter ulos ini akan dimulai dari Jembatan Tano Ponggol, melewati Tanjung Bunga, Simpang Sibea-bea, Tele, Dolok Sanggul, Simpang Bakara, Silangit, Siborongborong, Balige, Laguboti, Porsea, dan berakhir di Parapat, Simalungun, pada tanggal 17 Oktober 2023.

Perjalanan akan dilanjutkan ke Merek dan Sidikalang pada hari berikutnya, sebelum kembali ke Pangururan.

Seribu meter ulos ini yang diproduksi oleh Kyan Ulos Siantar dengan biaya sekitar Rp 60 juta, diharapkan akan dilepas oleh para Bupati dari Samosir, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Toba, dan disambut oleh Gubernur Sumatera Utara bersama-sama dengan Bupati Simalungun, Karo, Pakpak Bharat, Wali Kota Medan, dan Bupati Tapanuli Selatan di Parapat. (ril)

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS