Lintas Sumut

Deklarasi Damai Calon Kepala Desa di Kabupaten Dairi Menyongsong Pemilihan Kepala Desa Serentak

71
×

Deklarasi Damai Calon Kepala Desa di Kabupaten Dairi Menyongsong Pemilihan Kepala Desa Serentak

Sebarkan artikel ini
Deklarasi Damai Calon Kepala Desa di Kabupaten Dairi Menyongsong Pemilihan Kepala Desa Serentak
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Sidikalang, 18/10 (Batakpost.com) – Sebanyak 60 calon kepala desa dari 22 desa yang tersebar di 11 kecamatan di Kabupaten Dairi berkumpul untuk menggelar deklarasi damai menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang dijadwalkan pada tanggal 25 Oktober 2023 mendatang.

Deklarasi ini menjadi momen bersejarah ketika seluruh calon kepala desa menandatangani pakta Integritas, yang menjadi saksi dari Wakil Bupati Dairi, Jimmy Andrea Lukita Sihombing, serta anggota Forkopimda dan para pemangku kepentingan lainnya. Acara berlangsung pada Rabu (18/10/2023) di Balai Budaya Sidikalang.

Wakil Bupati Dairi, dalam sambutannya setelah penandatanganan, menekankan pentingnya menjalani Pilkades tanpa konflik. Pilkades damai adalah komitmen bersama dalam menjalani pesta demokrasi.

“Jadi saya mengajak mari menjalankan peran masing-masing demi terwujudnya Pilkades damai dan tertib, jaga keberagaman, hindari perpecahan. Pilkades ini harus menjadi alat pemersatu,” ujarnya dengan tekad kuat.

Sebelumnya, Kapolres Dairi, AKBP Agus Bahari Parama Artha, menjelaskan bahwa polisi bertanggung jawab atas keamanan selama Pilkades. Ia mengharapkan agar Pilkades yang diikuti oleh 27.830 pemilih berjalan aman dan tertib. Namun, ia menekankan bahwa Pilkades damai ini adalah tanggung jawab bersama antara calon kepala desa, panitia penyelenggara, kepolisian, dan pemerintah kabupaten.

“Terkait masalah keamanan selama kontestasi Pilkades, saya berharap seluruh elemen dapat membantu mengamankan proses ini. Jika ada permasalahan selama proses Pilkades, silakan sampaikan sesuai mekanisme yang berlaku. Tujuan utamanya adalah mencapai kondisi aman dan tertib,” tegasnya.

Deklarasi damai ini juga dihadiri oleh Kajari Dairi, Octo Ricardo, yang mewakili Dandim 0206 Dairi, Mayor (Inf) Jimmy Barus, perwakilan dari Ketua Pengadilan Negeri, Ebarina Sihombing, dan sejumlah tamu undangan lainnya. Dengan semangat persatuan dan kerjasama, calon kepala desa serta pemangku kepentingan lainnya bertekad menjalani Pilkades dengan damai dan berkesan.

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS