Berita UtamaTapanuli Tengah

Caleg Partai Golkar Dapil 9 Dilaporkan ke Bawaslu Tapteng

360
×

Caleg Partai Golkar Dapil 9 Dilaporkan ke Bawaslu Tapteng

Sebarkan artikel ini
Togu Sitompul satu dari kiri bersama penasihat hukumnya Muhammad Yusuf Nasution satu dari kanan saat membuat laporan ke Bawaslu Tapanuli Tengah, Senin (12/2/2024). (Batakpost.com/red)
Example 300x600

Tapteng, 12/2 (Batakpost.com)– Salah seroang Calon Legislatif (Caleg) dari Partai Golkar Daerah Pemilihan (dapil) 9 dilaporkan ke Bawaslu Kabupaten Tapanuli Tengah, Senin (12/2/2024).

Ada pun pelapor Togu Sitompul didampingi penasihat hukumnya Muhammad Yusuf Nasution.

“Hari ini kami melaporkan Caleg Golkar dari Dapil 9 atas nama Sahat Pane ke Bawaslu Kabupaten Tapanuli Tengah terkait dugaan money politik dan kampanye di rumah ibadah. Dan laporannya sudah diterima oleh Bawaslu Tapteng. Laporan tersebut tertuang dalam surat bukti penerimaan laporan nomor 016/LP/PL/KOB/02.25/I/2024,” kata Togu kepada wartawan, Senin di kantor Bawaslu Tapteng.

Dijelaskan Togu, di mana pada tanggal 4 Februari 2024 yang lewat tepatnya di Desa Siantar CA, Kecamatan Sosorgadong, Kabupaten Tapanuli Tengah, oknum Caleg tersebut bersama dengan Ketua PPS atas nama Aliston Bondar diduga melakukan kegiatan mengkampanyekan Caleg tersebut di rumah ibadah. Dan tidak sampai di situ, Caleg tersebut juga diduga telah melakukan praktik money politik, dengan membagikan uang kepada peserta pertemuan di dalam rumah ibadah tersebut.

“Bukti video dan foto serta bukti lainnya terkait kegiatan oknum Caleg Provinsi nomor urut 9 itu bersama dengan Ketua PPS, sudah kami serahkan ke Bawaslu. Dan kami juga siap menghadirkan saksi-saksi,” tegas Togu.

Muhammad Yusuf Nasution selaku penasihat hukum Togu menambahkan, bahwa perbuatan yang dilakukan oleh oknum Caleg dan Ketua PPS diduga telah melanggar PKPU No.15 pasal 70, karena telah berkampanye di rumah ibadah. Pihaknya siap menuggu tindak lanjut Bawaslu atas laporan mereka.

“Sesuai dengan aturannya, mekanismenya ada batas waktu, mungkin satu atau dua hari, nanti saksi akan dipanggil. Hal itu nanti akan dikonfirmasi juga kepada kami selaku pelapor,” kata Yusuf. (red)

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS