Berita UtamaBudaya

Bupati Vandiko Gultom Sambut Baik Peresmian Sopo Partungkoan dan Menara Silahisabungan di Pangururan

69
×

Bupati Vandiko Gultom Sambut Baik Peresmian Sopo Partungkoan dan Menara Silahisabungan di Pangururan

Sebarkan artikel ini
Bupati Samosir Vandiko T. Gultom saat menyampaikan sambutan para acara peresmian Sopo Partungkoan dan Menara Raja Silahisabungan di Dolok Paromasan, Desa Lumban Pinggol-Pangururan-Samosir, (24/4). (Diskominfo)
Example 300x600

Samosir, 26/4 (Batakpost.com)- Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom menyambut baik serta mendukung peresmian Sopo Partungkoan dan Menara Silahisabungan yang berada di Dolok Paromasan, Desa Lumban Pinggol, Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Dukungan itu disampaikan Bupati saat meresmikan bangunan tersebut, Senin (24/4/2023).

Menurut Bupati, pelaksanaan acara tersebut semakin menguatkan bahwa Samosir merupakan titik nol peradaban suku Batak dan akan semakin baik apabila setiap marga melaksanakan acara serupa.

“Selamat dan sukses atas peresmian Sopo Partungkoan dan Menara Silahisabungan. Secara pribadi saya bangga dan senang bisa menghadiri peresmian ini. Atas nama Pemkab Samosir, saya mengucapkan terima kasih yang sebesarnya kepada Pomparan Raja Silahisabungan yang telah melaksanakan berbagai kegiatan di Kabupaten Samosir,” kata Vandiko.

Selain itu, Bupati juga memuji kesatuan hari Pomparan (keturuan) Raja Silahisabungan sehingga acara dapat berlangsung dengan baik. Pelaksanaan berbagai acara adat maupun acara marga-marga akan dapat membangkitkan perekonomian masyarakat.

Untuk itulah dia berharap dengan diresmikannya Sopo Partungkoan dan Menara Silahisabungan dapat memberikan efek dalam peningkatan ekonomi, khususnya Pomparan Marga Silahisabungan dengan penerapan UMKM di sekitar lokasi.

“Sopo dan Menara ini sangat bagus, kiranya dapat menjadi Sopo yang hidup, yang dapat memberikan kehidupan bagi masyarakat, khususnya Pomparan Silahisabungan,” harap Vandiko.

Sebagai bentuk dukungan dari Pemkab Samosir, Pemkab Samosir bersedia melakukan pembinaan dan memberikan pelatihan, sehingga sarana tersebut dapat menjadi salah satu daya tarik wisata di Samosir  yang bermuara pada peningkatan nilai ekonomi dengan penjualan souvenir yang berhubungan dengan sopo dan menara.

Sesuai usul panitia, sebut Bupati, bahwa Dolok Paromasan telah diusulkan menjadi sebuah Cagar Budaya. Hasilnya menunggu penilaian, dan jika berhasil makan akan segera ditetapkan.

Di kesempatan itu Bupati didaulat memberikan hadiah berupa trophy dan uang pembinaan kepada pemenang lomba lari yang sudah dilaksanakan sebelumnya.

Turut hadir dalam acara itu Pj. Sekda Waston Simbolon, Para Asisten, pimpinan OPD, Camat Pangururan, Ketua Umum Pomparan Silahisabungan, Wesly Silalahi, ketua pelaksana pesta Parulian Silalahi, penasihat Muller Silalahi serta utusan pomparan Silahisabungan dari berbagai daerah. (ril)