Berita UtamaLintas Sumut

Bupati Dairi Sempatkan Waktu untuk Mendukung Pesta Njuah-Njuah

178
×

Bupati Dairi Sempatkan Waktu untuk Mendukung Pesta Njuah-Njuah

Sebarkan artikel ini
Bupati Dairi Sempatkan Waktu untuk Mendukung Pesta Njuah-Njuah
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Dairi, 3/11 (Batakpost.com) – Bupati Dairi, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu, memberikan dukungannya kepada penyelenggaraan Pesta Njuah-Njuah dengan menyempatkan waktu untuk mengawasi acara tersebut di Stadion Utama Sidikalang, pada hari kedua, Jumat (3/11/2023).

Dalam kesempatannya, Bupati Eddy Berutu berbicara tentang betapa pentingnya memelihara dan mempromosikan permainan tradisional. Ia mengungkapkan kegembiraannya melihat anak-anak berpartisipasi dalam berbagai perlombaan seperti marjalengkat (Egrang), Mergalah, lomba mewarnai tingkat TK dan SD, dan lomba mersinabul.

“Saya senang Pesta Njuah-Njuah mampu menghidupkan kembali permainan tradisional seperti marjalengkat dan margalah. Permainan ini memiliki potensi untuk mengalihkan perhatian anak-anak dari ketergantungan pada gadget, yang sangat positif,” kata Bupati Eddy Berutu.

Lebih lanjut, Eddy Berutu menyampaikan filosofi dari permainan marjalengkat, yang mengajarkan bahwa kehidupan harus didasari oleh fondasi yang kuat, yang dapat dibangun melalui ilmu pengetahuan dan sikap yang baik. Ia juga menyebut bahwa permainan Mergalah mempromosikan keakraban dan harmoni dalam mencapai visi misi Dairi Unggul.

Dalam acara yang sama, salah satu peserta permainan Marjalengkat, Lukas Sinaga dari SMAN 1 Sidikalang, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Pemkab Dairi yang telah memperkenalkan kembali permainan tradisional ini kepada generasi muda.

“Kami tidak mengenal permainan Mergala dan Merjalengkat ini sebelumnya. Namun, melalui Pesta Njuah-Njuah, kami belajar bahwa ini adalah permainan tradisional yang sekarang sudah tidak begitu dikenal. Jadi terima kasih kepada Pemkab Dairi yang telah memperkenalkannya kembali,” katanya.

Permainan Marjalengkat dan Mergalah merupakan bagian dari warisan budaya Indonesia dan memiliki nilai-nilai positif, termasuk membangun keakraban, kepercayaan, kerjasama, komunikasi, konsentrasi, kepekaan, dan kreativitas.

Selain Bupati Eddy Berutu, kunjungan ini juga dihadiri oleh beberapa pejabat daerah, termasuk Kadis Pendidikan JW. Purba, Sekdisparbudpora Agel Siregar, Ketua TP PKK Romy Mariani Simarmata Eddy Berutu, serta para peserta dan undangan lainnya. Acara Pesta Njuah-Njuah ini telah berhasil memperkenalkan dan mempromosikan permainan tradisional Indonesia, meningkatkan kesadaran budaya, dan memperkuat nilai-nilai positif dalam masyarakat.

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS