Segenap kru batakpost.com mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024, Semoga doa dan usaha kita diterima oleh Allah Swt. Taqabbalallahu minna wa minkum. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
Berita UtamaLintas Sumut

Bupati Asahan dan Baznas Kabupaten Asahan Salurkan Bantuan Makanan Tambahan untuk Balita Stunting

182
×

Bupati Asahan dan Baznas Kabupaten Asahan Salurkan Bantuan Makanan Tambahan untuk Balita Stunting

Sebarkan artikel ini
Bupati Asahan dan Baznas Kabupaten Asahan Salurkan Bantuan Makanan Tambahan untuk Balita Stunting
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Kisaran, 08/11 (Batakpost.com) – Bupati Asahan, H. Surya BSc, telah menjalin kerja sama yang erat dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Asahan untuk menyediakan bantuan makanan tambahan kepada 50 Balita Stunting yang berada di berbagai wilayah Kecamatan Kota Kisaran Timur. Acara berlangsung di Aula Kantor Camat Kota Kisaran Timur dan dihadiri oleh berbagai pihak pada Selasa (07/11/2023).

Ketua Baznas, Ir. Ansari Margolang, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Asahan atas kerjasama yang telah terjalin antara Pemerintah Kabupaten Asahan dan Baznas Kabupaten Asahan. Kerjasama ini bertujuan untuk menyampaikan bantuan paket makanan bergizi kepada anak-anak yang mengalami stunting.

Advertisement
banner 325x300
Advertisement


Sebelum memberikan pidatonya, Bupati Asahan H. Surya BSc secara simbolis memberikan bantuan makanan kepada Balita Stunting yang hadir dalam acara tersebut.

Dalam pidatonya, Bupati Asahan H. Surya BSc mengungkapkan hasil dari Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) yang dirilis oleh Kementerian Kesehatan Indonesia pada tahun 2023. Hasil survei tersebut menunjukkan bahwa prevalensi stunting di Kabupaten Asahan pada tahun 2022 mencapai 15,3%. Target penurunan angka stunting di Kabupaten Asahan pada tahun 2023 adalah sebesar 13,9%, dan pada tahun 2024 ditargetkan menjadi di bawah 11,23%. Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan kerja sama lintas sektor dan melibatkan semua pemangku kepentingan di Kabupaten Asahan. Hal ini menjadi penting guna mencapai target penurunan stunting di bawah target nasional sebesar 14% pada tahun 2024.

Bupati juga menekankan bahwa anak-anak yang mengalami stunting dapat mendapatkan perawatan yang baik asalkan terdapat kerja sama yang erat antara lintas sektor, dan peran orang tua atau keluarga anak sangat penting dalam proses ini. Selain itu, bantuan untuk anak-anak stunting juga telah diberikan melalui program “Bapak Asuh Anak Stunting” yang telah diinisiasi oleh Pemerintah Kabupaten Asahan.

“Melalui pemberian makanan tambahan (PMT) ini, saya berharap dapat membantu menangani masalah stunting di Kabupaten Asahan. Bantuan ini diberikan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan Balita stunting,” ujar Bupati.

Acara ini juga dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi, antara lain Asisten Bidang Adm. Umum, Kepala Dinas Kominfo, Kepala Dinas P2KBP3A, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Baznas, serta Camat Kistim dan tamu undangan lainnya yang ikut hadir dalam upaya bersama menangani stunting di Kabupaten Asahan.

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS