BPJS SATU! Tempat Curhat yang Dekat dengan Peserta JKN

Sibolga262 Dilihat

Sibolga, 24/10 (Batakpost.com)– BPJS Kesehatan Siap Membantu (BPJS SATU) merupakan salah satu wadah yang disediakan BPJS Kesehatan untuk mendengarkan keluhan, masukan, serta kritikan dari peserta yang sebagai bahan evaluasi dan perbaikan mutu layanan bagi BPJS Kesehatan maupun fasilitas kesehatan.

“Melalui BPJS SATU! kita mendengarkan suara peserta ketika mendapatkan pelayanan kesehatan di rumah sakit. Kita juga mendengarkan berbagai keluhan dari peserta terkait pelayanan. Feedback inilah yang menjadi evaluasi kita ke depannya,” ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sibolga Bernat Sibarani yang ditemui di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Sibolga pada Rabu (12/10/2023).

BACA JUGA:Bupati Tapteng Terima Penghargaan dari BPJS Kesehatan

Baca Juga:  Para Anak ABK Ini Memohon Bantuan Presiden Jokowi

Bernat menyampaikan bahwa Petugas BPJS SATU! dapat dengan mudah dikenali oleh peserta JKN yang mendapatkan pelayanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL), sebab Petugas BPJS SATU! mengenakan rompi berwarna kuning mencolok dengan logo BPJS Kesehatan Care Center 165 di dada sebelah kiri.

“Petugas BPJS SATU! menjalin komunikasi dengan peserta yang berkunjung ke rumah sakit. Tidak hanya duduk atau berdiam diri di loket informasi, petugas BPJS SATU! selalu bergerak dari satu tempat ke tempat lain mengitari setiap sudut rumah sakit untuk mendengar suara dari peserta JKN. BPJS SATU! bisa dibilang merupakan perpanjangan tangan dari BPJS Kesehatan di rumah sakit juga melakukan kunjungan ke kamar rawat inap peserta,” jelas Bernat.

Baca Juga:  BPC GMKI Sibolga-Tapteng Gelar Maper Berkonsep Out Door

Bernat menambahkan bahwa BPJS Kesehatan bersama dengan rumah sakit juga telah memasang poster di rumah sakit yang mencantumkan nama dan nomor kontak Petugas BPJS Satu! dan petugas rumah sakit yang bertugas untuk menangani keluhan ataupun permasalahan pelayanan di rumah sakit.

“Tujuan pencantuman foto dan contact person petugas di rumah sakit merupakan bukti bahwa kita siap memberikan pelayanan terbaik bagi peserta. Jadi kalau ada peserta yang ingin menyampaikan permasalahan atau keluhan terkait pelayanan di rumah sakit, silahkan menghubungi nomor yang tertera di poster petugas tersebut. SIlahkan semua kritik, masukan, saran, atau bahkan curhat apapun terkait pelayanan di rumah sakit, BPJS SATU! siap mendengarkan,” tegas Bernat.

Baca Juga:  Kaum Difabel Ini Dapat Perhatian dari Pasangan ABADI

Dalam kesempatan terpisah, Petugas Pemberian Informasi Pengaduan Peserta Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah, Sri Wahyuni mengatakan, bahwa Program BPJS SATU! dirasa sangat membantu pihak rumah sakit dalam menyelesaikan keluhan peserta, baik itu rawat jalan, rawat inap bahkan rujukan dokter.

“Kami, pihak rumah sakit, merasa senang bisa bekerja beriringan dengan BPJS Kesehatan dalam memberikan kepuasan pelayanan bagi peserta yang datang berobat ke RSUD Pandan,” tutur Sri. (HA/es)