Siantar

54 Pejabat Resmi Dilantik di Pemerintah Kota Pematang Siantar: Menyongsong Pembaruan dan Pembangunan

86
×

54 Pejabat Resmi Dilantik di Pemerintah Kota Pematang Siantar: Menyongsong Pembaruan dan Pembangunan

Sebarkan artikel ini
54 Pejabat Resmi Dilantik di Pemerintah Kota Pematang Siantar: Menyongsong Pembaruan dan Pembangunan
Example 300x600

Siantar, 2/8 (Batakpost.com) – Sebanyak 54 pejabat di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar secara resmi dilantik dan mengucapkan sumpah jabatan di bawah arahan Wali Kota Pematang Siantar, dr. Susanti Dewayani, SpA. Upacara pelantikan dan pengambilan sumpah tersebut berlangsung di Ruang Data Balai Kota Pematang Siantar pada hari Rabu (02/08/2023).

Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pemko Pematang Siantar, Rosion Julietta Hutauruk, SH, MSi, menyampaikan bahwa pelantikan ini mencakup Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama, Administrator, Pengawas, serta Fungsional di Lingkungan Pemko Pematang Siantar. Prosedur ini didasarkan pada Rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Nomor: B-2725/JP.00.00/07/2023 Tanggal 24 Juli 2023 mengenai hasil seleksi terbuka JPT Pratama di Pemko Pematang Siantar. Selain itu, Keputusan Wali Kota Pematang Siantar juga berperan dalam promosi dan mutasi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam mengisi jabatan di lingkungan Pemko Pematang Siantar.

Jumlah pejabat yang dilantik terdiri dari Eselon II.b sebanyak 12 orang, Eselon III.a sebanyak 15 orang, Eselon III.b sebanyak 16 orang, Eselon IV.a sebanyak 7 orang, dan Fungsional sebanyak 4 orang, dengan total 54 orang secara keseluruhan.

Wali Kota Pematang Siantar, dr. Susanti Dewayani, SpA, menyampaikan bahwa pelantikan ini merupakan langkah menuju peremajaan dan pembangunan di Pemko Pematang Siantar. Proses seleksi terbuka telah dilakukan sesuai dengan peraturan pemerintah mengenai manajemen PNS serta tata cara jabatan pimpinan tinggi, yang telah mendapatkan persetujuan dari KASN.

Dr. Susanti menekankan harapannya kepada pejabat yang baru dilantik untuk mengoptimalkan kinerja mereka dalam membangun Kota Pematang Siantar. “Jabatan ini adalah amanah yang harus dijalankan dengan tanggung jawab, tanpa membedakan latar belakang suku, agama, ras, dan golongan,” ucapnya. Wali Kota yang juga merupakan perempuan pertama yang menjabat di Pematang Siantar ini juga menegaskan pentingnya menjalankan tugas dengan penuh dedikasi.

Upacara pelantikan dihiasi dengan penyematan tanda jabatan kepada dua camat, yaitu Camat Siantar Selatan, Pedi Arianto Sitopu, dan Camat Siantar Barat, Herwan Saragih. Pelantikan pejabat ini dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi, termasuk Pj Sekretaris Daerah Pematang Siantar, Dwi Aries Sudarto, serta para asisten, staf ahli, dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).