Pesta Pembangunan HKBP Poriaha Tapteng Meriah, Rp 320.393.500 Terkumpul

Tapteng, 15/5 (Batakpost.cim)- Bertepatan pada Minggu Jubilate (Bersorak-soralah Bagi Allah hai Seluruh Bumi), pesta Pembangunan HKBP Ressort Poriaha Distrik IX (Sibolga Tapteng Nias) berlangsung meriah, Sabtu (14/5).

“Seluruh jemaat bersorak sorai bersukacita atas berkat Tuhan. Cuaca saat itu sangat cerah, sangat mendukung kegiatan ini, pada hal sebelumnya empat hari berturut-turut hujan deras,” kata Pdt Martin Manullang, MTh.

Pesta Pembangunan Gedung Sekolah Minggu dan rumah dinas HKBP Poriaha Julu Ressort Poriaha yang dipimpin Praeses HKBP Distrik IX Sibolga Tapteng Nias Pdt Donda Simanjuntak, berhasil menggalang dana pembangunan sebesar Rp 320.393.500.

BACA JUGA:Satika Simamoara Harapkan Lewat “Toba Fashion Week 2022” Perekonomian Para Pengrajin Tenun Ulos Terangkat

Kegiatan itu turut dihadiri Pdt Nommensen KH Sibagariang, MTh sekretaris Distrik IX dan Pdt Pontius Siregar Plt Praeses Persiapan Distrik Barus Raya.

Praeses dalam kotbahnya menekankan bahwa kuasa Tuhan mampu memberikan hal-hal yang tidak mungkin dalam hidup manusia, memberikan sukacita sebagaimana sukacita besar yang diterima Dorkas dan keluarganya setelah kuasa Tuhan membangkitkan Dorkas dari kematian l, seperti yang tertulis di Kisah para Rasul 9 : 36 – 43.

Pesta Pembangunan ini dihadiri tidak kurang dari 1.020 orang yang terdiri dari anggota jemaat dan para undangan dari berbagai gereja-gereja tetangga.

Pdt Martin Manullang, MTh, MM, selaku Penanggungjawab yang juga Pendeta Ressort menyampaikan terima kasih kepada seluruh undangan dan pihak yang telah mendukung kegiatan tersebut.

“Penggalangan dana yang diupayakan panitia berupa lelang ulos, lelang makan dan berupa spontanitas dan berhasil mengumpulkan Rp 320.393.500. Puji Tuhan,” ucap mantan Ketua PGI Medan itu

Disebutkan, dana yang terkumpul akan dipergunakan untuk membangun gedung sekolah minggu dan rumah dinas HKBP Poriaha Julu Ressort Poriaha, ditaksir berbiaya Rp 1,7 Miliar.

“Tentu dana yang terkumpul ini belumlah cukup, sehingga kita masih sangat mengharapkan bantuan dari semua pihak terutama para perantau asal Poriaha di manapun berada. Doa dan harapan kita, kiranya Tuhan memberkati semua jemaat yang telah berpartisipasi dan juga yang akan masih berpartisipasi,” imbuh Martin.

Adapun tujuan membangun gedung ini adalah untuk peningkatan pelayanan khususnya bagi anak-anak sekolah minggu demi masa depan gereja dan bangsa yang lebih baik.

“Terima kasih buat Panitia yang telah berupaya mensukseskan kegiatan ini yang dipimpin oleh Horas Parulian Silitonga sebagai Ketua, Nasran Situmorang, SKM sebagai sekretaris dan cSt Dorma Damanik, AmKeb sebagai bendahara. Kiranya Tuhan memberkati seluruh panitia,” tutur Martin.

Ikut Jamsostek

Pdt Martin Manullang MTh, MM, pada bagian lain mengungkapkan, seluruh Sintua (penatua) gereja di Ressort Poriaha mengikuti program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek).

“Kita telah daftarkan seluruh penatua, segera kita susul pendaftaran jemaat,” katanya.

Bersama Praeses Donda, Martin yang saat ini dipercaya menjadi Kepala Bidang Marturia Distrik IX akan menularkan semangat mengikuti Jamsostek itu keseluruh gereja-gereja yang berjumlah ratusan dengan jemaat puluhan ribu yang tersebar di Sibolga, Tapanuli Tengah dan Nias.

BACA JUGA: Untuk Pertama Kalinya Wali Kota Sidimpuan Sambangi Kantor Jamsostek

Terpisah, Kepala Jamsostek Cabang Sidimpuan Dr. Sanco Simanullang ST.,MT., IPM., ASEAN Eng didampingi Kepala Jamsostek Sibolga Boy Tobing SH MKn, menyambut baik terobosan pengurus Distrik untuk melindungi seluruh Pendeta, Sintua dan jemaat dalam Program Nasional Pemerintah.

“Luar biasa komitmen Inang Praeses Donda dan Amang Martin, Semoga Tuhan memberkati rencana besar ini,” ungkap Sanco. (red)