oleh

Tempat Makan Tolkit Pandan Tempat Kuliner Favorit Bagi Wisatawan

Pandan, 4/5 (Batakpost.com)- Memasuki hari ketiga libur Idulfitri di Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, jumlah pengunjung masih tetap ramai. Beragam kegiatan dilaksanakan disepanjang pantai yang ada di Kecamatan Pandan.
Dan salah satu bagian penting dari liburan yaitu menikmati lezatnya kuliner.

Untuk kawasan Pandan, tempat kuliner yang paling diburu oleh para pegunjung adalah, tempat Makan Tolkit. Karena lokasi kuliner berada berada di pinggir pantai sehingga bebas memandang ke arah laut, ditambah lagi beragam jenis kuliner yang disuguhkan.

Dikatakan tempat makan Tolkit, karena mau masuk ke tempat ini harus melewati gang yang persis di samping usaha Panglong bernama Tolong Kita alias Tolkit. Sehingga orang-orang setempat sering menamainya jadi tempat makan Tolkit.

Di tempat ini berjejer rumah makan dengan menu ciri khas Tapanuli Tengah, seperti Ikan Paccak, Ikan Sombom, Udang Goreng, Cumi, Ikan Gulai, Kue Talam, Bongkol, Rendang Jengkol, Bubur Sumsum dan masih banyak kuliner jenis lainnya.

Hasil amatan media ini, sejak pagi pukul 10.00 WIB, pegunjung sudah mulai memadati tempat makan ini. Dan pucanyaknya sekitar pukul 12.00 WIB, semua rumah makan yang ada di Tolkit penuh.

Di ‘serbunya’ tempat ini, karena makanannya sangat nikmat, dan ikanya masih segar-segar. Selain itu, harganya juga masih terjangkau.
“Kami penasaran dengan tempat ini, karena setiap temah-temah habis liburan dari Sibolga, selalu cerita tempat makan Tolkit. Awalnya kami agak ragu masuk, karena jalan mau ke dalam sempit lewat gang. Tetapi setibanya di tempat ini, cukup legah, karena langsung terhampar laut dan makanannya juga enak,” kata Ibu Rahmawati asal Medan.

Selain para penikmat makanan dari luar daerah, masyarakat setempat juga turut ‘menyerbu’ tempat ini. Menurut mereka, makanan dan tempatnya cukup menarik.

“Kalau kami, hampir setiap minggu makan ke tempat ini, sekalian santai. Karena rumah juga tidak terlampau jauh dari tempat ini,” kata Maruli warga Pandan.

Membludaknya pengunjung yang makan ke tempat ini, sangat berdampak terhadap peningkatan para pedagang yang ada di kawasan ini. Mereka mengaku penjualan mereka sangat meningkat sejak dua hari yang lalu. (red)

News Feed