oleh

Buah Perjuangan Nikson Nababan, SPAM IKK Tarutung Akan Dibangun di Kecamatan Sipoholon

Medan, 30/3 (Batakpost.com)- Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si yang diwakilkan Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Tapanuli Utara, Marihot Simanjuntak hadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Pembangunan SPAM IKK Tarutung dan SPAM IKK Siborongborong, yang dibuka secara resmi oleh Kasie Pelaksana Wilayah II BPPW Sumut, Popy Pradiarti, bertempat di Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Utara di Medan, Selasa (29/3/2022).

Dalam kesempatan tersebut  Asisten menyampaikan sambutan Bupati Nikson Nababan yang berterima kasih kepada BWS II yang telah membangun 2 unit air baku di Tapanuli Utara tahun yang lalu dan tahun sebelumnya.

Bupati juga berharap pembangunan tersebut berkelanjutan dengan Pembangunan Instalasi Pengolah Air, agar dapat segera dinikmati oleh masyarakat Kabupeten Tapanuli Utara, secara khusus di Kecamatan Sipahutar, Siborongborong, Tarutung, Siipoholon dan Siatas Barita.

“Bapak Bupati Tapanuli Utara berharap agar IPA untuk kedua SPAM ini dapat terwujud tahun ini atau paling lama tahun depan. Dan juga kita doakan bersama supaya pengukuran berhasil dan sesuai dengan harapan, karena semua kelengkapan persyaratan sudah dipenuhi oleh Pemkab Tapanuli Utara dan PDAM Mual Na Tio,” ungkapnya.

Adapun beberapa hal yang telah disepakati dalam rakor tersebut antara lain, rencana lokasi pembangunan IPA SPAM Tarutung berada di Kecamatan Sipoholon dengan kapasitas 50 lt/dt (bertahap dari yang diusulkan sebesar 2×50 lt/dt), rencana daerah pelayanan SPAM Tarutung meliputi desa/ kelurahan yang tersebar di daerah perkotaan di Kecamatan Sipoholon, Siatas Barita dan Tarutung.

BACA JUGA: Kesbangpol Tapteng Gelar Sosialisasi Bantuan Keuangan Partai Politik

Kelengkapan Readiness Criteria Pembangunan IPA SPAM Tarutung, Dokumen As Built Drawing bangunan intake dan reservoir yang telah dibangun BWS Sumatera II agar dapat disampaikan ke BPPW Sumut untuk menjadi dasar dalam melaksanakan review DED pembangunan IPA SPAM Tarutung

Sedangkan lokasi IPA SPAM Siborongborong dan Sipahutar direncanakan pada lokasi batas ujung pipa transmisi air baku yang sudah dibangun oleh BWS Sumatera II. Rencana Kapasitas IPA yang dibangun 20 lt/dt untuk Sipahutar, rencana daerah pelayanan SPAM Siborongborong meliputi desa/kelurahan yang tersebar di Kecamatan Siborongborong dan Kecamatan Sipahutar. Bangunan IPA direncanakan menggunakan IPA Baja (sesuai SE Dirjen Cipta Karya Nomor 11 tahun 2021).

Sesuai informasi dari Kasie Perencanaan Balai PPW-Sumut, Popy Pradiarti, selanjutnya akan diadakan Rapat Teknis pertengahan bulan April nanti untuk membahas ketersediaan anggarannya yang besarannya diperkirakan sekitar Rp65 miliar untuk melanjutkan pembangunan 1 SPAM.

“Perlu disusun dokumen SP3 (Sinergi Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan) antara Pemkab Tapanuli Utara, BWS Sumatera II dan BPPW Sumatera Utara. Dan akan dilakukan koordinasi lapangan dan pengetasan Bersama antara Pemkab Tapanuli Utara, BWS Sumatera II dan BPPW Sumatera Utara untuk mengecek kapasitas dan tekanan air di lokasi rencana pembangunan IPA yang dijadwalkan pada tanggal 7- April 2022,” ucap Popy Pradiarti.

Turut hadir dalam rakor tersebut, PPK Air Minum Satker PPP Wilayah III Provsu dan PPK Air Baku BWS Sumatera II didampingi Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Tapanuli Utara, Direktur PDAM Mual Natio Tapanuli Utara. (ril)

News Feed