oleh

BI Sibolga Lepasliarkan Tukik di Pantai Binasi

Tapteng, 7/2 (Batakpost.com)- Guna mendukung pelestarian biota laut dan keseimbangan ekosistem, Bank Indonesia Sibolga lepas liarkan tukik di Pantai Binasi yang berada di Kecamatan Sorkam Barat, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, Sabtu (5/2).

Pelepasan hewan reptil laut itu diawali oleh Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Sibolga, Aswin Kosotali bersama dengan istri dengan melepas seekor penyu hijau, yang dilanjutkan dengan pelepasan puluhan tukik (anak penyu) oleh para anak-anak pegawai BI Sibolga.

BACA JUGA: Bupati Taput dan Kepala KPw BI Sibolga Ikut Panen Perdana Cabai Merah di Siborongborong

Menurut Aswin, pelepasliaran penyu itu guna mendukung pelestarian biota laut untuk keseimbangan ekosistem. Dan itu juga berhubungan dengan konsep ekowisata berbasis konservasi alam.

“Suatu saat, ini akan menjadi tulang punggung ekonomi kita ke depan dalam menjaga daya dukung lingkungan dan ekonomi,” sebut Aswin.

Sementara itu Sekretaris Kelompok Konservasi Penyu Pantai Binasi, Efendi Sinaga menyebutkan, ada empat jenis penyu yang di konservasi di Pantai Binasi.

“Sebenarnya, penyu ini ada tujuh jenis di dunia. Kalau di Indonesia hanya ada enam jenis. Dan penyu yang biasa datang bertelur ke Pantai Binasi ini hanya ada empat jenis, yaitu penyu hijau, penyu sisik, penyu tempayan, dan penyu lekang,” ungkapnya. (red)

News Feed