oleh

Daftar 24 Pemain Indonesia yang Berkarier di Luar Negeri, Siapa Saja Bakal Menyusul?

Banyak pesepak bola Indonesia yang berkarier di luar negeri. Bola.com mencatat ada sedikitnya 24 pemain yang tersebar di Asia hingga Eropa. Bukan tidak mungkin, jumlahnya akan bertambah cepat atau lambat.

Menariknya, hanya dua yang berlabel ‘pemain keturunan’, yakni Elkan Baggott dan Nyoman Paul Aro. Tidak ada satupun di antara 24 pemain tersebut yang merupakan naturalisasi layaknya Victor Igbonefo atau Ilija Spasojevic.

Perseberannya pun cukup merata, yakni di Asia dan Eropa. Agustinus Wiranto dan Edi Rintoko menjadi dua dari sekian nama yang berkarier di Asia. Keduanya bermain untuk Inter Taoyuan, klub Taiwan.

Baca Juga: Pelapor Minta Penyebar Video Syur Palsu Mirip Nagita Slavina Ditangkap

Masih di Asia, ada Ali Syahrial Tampo yang bermain di Al-Gharafa (Qatar), Natanel Siringoringo di Kelantan FA (Malaysia), dan Saddil Ramdani yang masih tarik ulur dengan Sabah FA (Malaysia). Mohammad Ali Rahman juga satu klub dengan Ali Syahrial.

Beberapa pemain lain tersebar di Qatar, Jepang, Korea Selatan, dan Timor Leste. Sisanya tersebar merata di daratan Eropa, mulai dari Belanda, Inggris, Slovakia, hingga Bosnia & Herzegovina.

Imam Zakiri berkarier di Spanyol, sementara Brylian Aldama merumput bersama tim Kroasia, NK Pomorac 1921. Kelana Noah Mahessa saat ini bermain untuk tim Jerman, Frechen 20, sedangkan Nyoman Paul Aro masih bertahan di Skovde Aik, klub asal Swedia. (bola.com)

News Feed