oleh

Ini Manfaat Jaringan 5G, Bisa Apa Saja?

Dunia internet berkembang dengan begitu pesat, dan kini teknologi 5G yang merupakan terobosan baru generasi kelima dapat meningkatkan konektivitas dan transmisi data.

Jaringan 5G digadang-gadangkan memiliki kecepatan unduhan berkali-kali lipat dibanding jaringan 4G. Selain itu, peningkatan transmisi akan memberikan banyak manfaat baik untuk konsumen maupun segmen industri.

Misalnya, OPPO sebagai salah satu brand smartphone terkemuka meluncurkan lini OPPO Reno6 Series 5G yang mendukung koneksi 5G di Indonesia.

Selain mendukung koneksi 5G, lini OPPO Reno6 5G juga menghadirkan sejumlah fitur yang mendukung aktivitas fotografi, videografi, content creator, hingga bermain game. Tentunya semua fitur tersebut memanfaatkan kemudahan yang dimiliki oleh jaringan 5G.

Tapi apa sebenarnya kelebihan dari koneksi 5G ini? Simak ulasannya di artikel berikut.

  1. Transfer Data yang Lebih Ngebut

Setiap lompatan dari generasi lama ke generasi baru pasti selalu diikuti oleh lonjakan peningkatan. Dalam hal ini, koneksi 5G menawarkan peningkatan kecepatan transfer data yang signifikan dibandingkan jaringan 4G.

Jaringan 5G diklaim lebih cepat 100x dibanding jaringan 4G. Ini artinya jika koneksi 4G memiliki kecepatan 100 Mbps hingga 1Gbps, maka koneksi 5G memiliki kecepatan 1 Gbps hingga 10 Gbps. Peningkatan transfer data tersebut juga disebut sebagai lonjakan kecepatan antar generasi yang paling signifikan hingga saat ini.

  1. Aktivitas Sehari-Hari yang Lebih Cepat & Efisien

Dengan peningkatan kecepatan yang ditawarkan oleh koneksi 5G, tentunya akan lebih memudahkan kita dalam melakukan aktivitas sehari-hari, seperti browsing, bermain game online, mengunduh file, streaming, dan sebagainya.

File yang sebelumnya membutuhkan waktu 10 menit untuk di download kini hanya butuh waktu sekitar 1 menit. Oleh karenanya, seluruh aktivitas yang berhubungan dengan jaringan internet akan berlangsung lebih cepat dan efisien berkat teknologi jaringan baru ini.

  1. Daya Baterai yang Lebih Hemat

Keunggulan sinyal 5G yang mungkin tidak disangka oleh banyak orang adalah penggunaannya yang lebih hemat daya dibandingkan jaringan 4G. Teknologi jaringan seluler terbaru ini dapat menghemat konsumsi baterai perangkat 5G yang digunakan hingga 10%.

Hal ini mungkin bukanlah hal yang signifikan, mengingat bahwa sudah banyak smartphone yang memiliki daya baterai di atas 5.000 mAh yang sangat hemat daya fitur dari chipset yang digunakan. Meskipun begitu, tambahan penghematan daya dari teknologi sinyal 5G tetap dapat menjadi keunggulan yang signifikan, khususnya bagi pengguna yang memiliki mobilitas tinggi.

  1. Cakupan Jaringan yang Lebih Luas

Selain kecepatan transfer data yang jauh lebih cepat, kelebihan utama lain dari jaringan 5G adalah cakupan jaringannya yang lebih luas. Hal ini membuat perangkat 5G tidak perlu terlalu bekerja keras dalam mencari sinyal berbeda dengan perangkat yang masih menggunakan sinyal 4G dan 3G. Sehingga, beban kinerja perangkat 5G tersebut lebih ringan yang berdampak pada efisiensi daya seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Cakupan jaringan yang lebih luas ini pun dapat menjadi solusi bagi kelemahan jaringan 4G, yakni cakupan lokasi jaringannya yang belum merata di seluruh pelosok Tanah Air. Ini artinya sinyal 5G tidak hanya dapat dinikmati masyarakat kota saja tapi juga oleh masyarakat desa.

  1. Gaming Lebih Mulus dan Lancar

Ini mungkin menjadi salah satu daya tarik jaringan 5G yang ditunggu-tunggu oleh para gamers di Indonesia. Koneksi 5G memiliki latensi/ping yang sangat rendah, sehingga aktivitas bermain game akan berlangsung dengan mulus dan tanpa lag.

Hal ini penting terutama bagi gamers kompetitif atau atlet e-Sports. Perbedaan sepersekian detik saja dapat mempengaruhi hasil pertandingan. Dengan koneksi 5G, gamers bisa selalu satu langkah di depan dan lebih unggul dari lawan-lawannya.

Tentunya untuk dapat memaksimalkan manfaat di atas, dibutuhkan perangkat yang mumpuni pula. Melihat potensi tersebut, Smartphone terbaru dari OPPO ini hadir dalam dua varian, yakni OPPO Reno6 5G dan OPPO Reno6 Pro 5G. Masing-masing varian pun memiliki dua versi dapur pacu yang berbeda, yakni MediaTek Dimensity 900 5G dan Snapdragon 870 5G. (dtc)

News Feed