oleh

Penyantunan Anak Yatim Oleh Wali Kota Sibola

Sibolga, 4/11 (Batakpost.com)- Wali Kota Sibolga H. Jamaluddin Pohan didampingi Sekretaris Daerah Kota Sibolga M. Yusuf Batubara, SKM, hadiri kegiatan Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1443 Hijriah, bertempat di Masjid Taqwa Muhammadiyah, Jalan KH. Ahmad Dahlan Kelurahan Aek Manis Kecamatan Sibolga Selatan, Kota Sibolga, Sumatera Utara, Rabu (03/11) malam.

Peringatan Maulid ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kecamatan Sibolga Selatan dibawah kepemimpinan Aulia Dhuhri, S.STP selaku Plt Camat Sibolga Selatan.

Dalam sambutannya, Plt. Camat Sibolga Selatan Aulia menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut adalah spontanitas masyarakat dan jama’ah. Sebelumnya, kegiatan ini hanya sebatas niat dan rencana saja yang diungkapkan kepadanya selaku Plt Camat.

“Syukur Alhamdulillah, hanya dalam waktu dua hari, kegiatan peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW yang dirangkai dengan pemberian santunan kepada 50 orang anak yatim ini dapat kita laksanakan pada malam hari dan Bapak Wali Kota Sibolga juga berkenan hadir dalam kegiatan kita ini,” ucap Aulia Dhuhri, yang juga pernah sebagai Ajudan Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani.

Kepada masyarakat dan jama’ah yang hadir pada peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW itu, Aulia menjelaskan, bahwa santunan yang diserahkan kepada 50 orang anak yatim ini adalah berupa beras dan juga uang tunai.

“Kepada masyarakat dan jama’ah, kami sampaikan bahwa pemberian santunan berupa beras sebanyak 50 karung ukuran 10 kg dan uang tunai yang diberikan kepada 50 orang anak yatim ini adalah bersumber dari uang pribadi Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani dan juga Wali Kota Sibolga H. Jamaluddin Pohan,” jelasnya.

Tak lupa, Plt Camat Sibolga Selatan itu juga mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Sibolga H. Jamaluddin Pohan dan Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani.

“Terima kasih kami sampaikan kepada Bupati Tapanuli Tengah, Bapak Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Wali Kota Sibolga Bapak H. Jamaluddin Pohan, atas bantuannya kepada kami di sini. Kepada masyarakat dan jama’ah, kami sampaikan bahwa sebenarnya Bapak Wali Kota Sibolga ini sedang dalam keadaan kurang sehat, namun karena beliau ingin bertemu dan bertatap muka dengan kita di sini, sehingga Pak Wali Kota kita ini hadir di tengah-tengah kita,” ungkapnya mengakhiri.

Sementara itu, Wali Kota Sibolga H. Jamaluddin Pohan dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1443 Hijriah, secara spontan itu.

“Saya mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kinerja Plt Camat Sibolga Selatan yang telah merespon dengan cepat niat dan harapan masyarakat ini, sehingga kegiatan yang dilaksanakan secara spontanitas ini dapat berjalan dengan baik. Semoga ke depan dapat lebih meriah lagi,” kata Wali Kota Sibolga.

Kepada masyarakat, Wali Kota Sibolga nyampaikan, bahwa saat ini Pemerintah Kota Sibolga sedang fokus mewujudkan visi-misi “Sibolga Bersih”, setelah sebelumnya, Pemkot Sibolga memfokuskan pada visi-misi “Sibolga Pintar”.

Dijelaskan Jamal, bahwa Pemerintah Kota Sibolga saat ini sedang fokus menuntaskan persoalan sampah yang selama ini belum teratasi dengan baik dan benar. Ke depan, masyarakat Kota Sibolga tidak diperbolehkan lagi membuang sampah sembarangan dan di luar jam yang telah ditentukan. Buanglah sampah pada tempatnya dan pada jam yang telah ditentukan. Jadi, harus diatur jam dan batas waktu membuang sampah, di luar jam dan waktu yang telah ditentukan, masyarakat tidak diperbolehkan lagi membuang sampah sesuka hati, tegas Jamal.

Tak lupa juga Jamal mengajak masyarakat Kota Sibolga, untuk bersama-sama menjaga kebersihan dan keindahan lingkungannya masing-masing. Buanglah sampah pada tempatnya dan pada jam yang ditentukan, petugas kebersihan akan datang mengangkutnya dua kali dalam sehari, yakni pagi dan sore.

Terakhir, Wali Kota mengimbau kepada masyarakat Kota Sibolga, agar tetap menerapkan protokol kesehatan dalam aktifitas kesehariannya, walaupun saat ini Kota Sibolga sudah berada di zona aman, yakni Level 1, namun tidak tertutup kemungkinan pandemi COVID-19 akan menyerang, mengingat masih banyak Kabupaten Kota yang masih berada pada level 2 dan level 3, bahkan masih ada yang berada pada level 4.

Dan kepada masyarakat yang belum divaksin, Wali Kota mengimbau agar secepatnya divaksin di fasilitas-fasilitas kesehatan (faskes) terdekat.

Usai penyampaian sambutannya, Wali Kota menyerahkan santunan kepada 50 orang anak yatim, serta diakhiri dengan Tausiah dan Do’a yang disampaikan oleh Al-Ustadz H. Kifli Al Mujahid Batubara, M.Pd.

Turut hadir dalam acara itu, Pimpinan OPD Kota Sibolga, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Lurah dan Kepala Lingkungan se-Kecamatan Sibolga Selatan, masyarakat, jama’ah dan anak yatim yang mendapatkan santunan, serta tamu undangan lainnya. (red)

News Feed