oleh

Lomba Karya Tulis Ilmiah PWI Sibolga-Tapteng Sukses

Tapteng, 16/10 (Batakpost.com)-Pelaksanaan lomba karya tulis ilmiah tingkat SMA Sederajat se-Kabupaten Tapanuli Tengah dan Kota Sibolga, Sumatera Utara, yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sibolga-Tapanuli Tengah, berlangsung sukses.

Peserta lomba dari siswa/i SMAN 1 Matauli Pandan, Tapanuli Tengah, borong juara dalam perlombaan ini.

Adalah, Daffa Prasetya Putra Raksasentana siswa Kelas XII IPA SMAN 1 Matauli Pandan, keluar sebagai Juara I dengan judul karya tulisnya “Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Kualitas Pendidikan dan Langkah Strategi Meningkatkan Kuliatas Pendidikan di Masa Pandemi COVID-19”. Juara II diraih Oscar Rizki Pratama, kelas XI SMAN 1 Matauli Pandan, dengan judul tulisan “Heroes of Pandemi “Gemez” Google Classroom: Masa Depan Pendidikan Era Pandemi”. Juara III diraih Vianda Tiodora Pasaribu, siswi kelas XI MIPA 6 SMAN 1 Sibolga, dengan judul karya tulis “Dampak Proses Belajar Mengajar Pada Masa Pandemi COVID-19”.

Sedangkan Juara Harapan I diraih Sinta Cecilia Ambarita dari SMAN 1 Matauli Pandan, kelas XII IPA 1 dengan judul karya tulis “Strategi Belajar Efektif di Tengah Pandemi COVID-19”. Untuk Juara Harapan II diraih Edward Johannes Tumanggor, siswa SMAN 1 Matauli Pandan, kelas XII MIPA, dengan judul tulisan “Cermin Pendidikan Indonesia pada Masa Pandemi COVID-19 dan Pelajaran Untuk Masa Depan Bangsa”. Dan Juara Harapan III diraih, Juliandri Anugrah Hutabarat, dari SMAN Barus, kelas XII, dengan judul karya tulis “Pengaruh Belajar Luring di masa Pandemi COVID-19).

Atas keberhasilan para pemenang, PWI memberikan hadiah untuk Juara I Rp3.000.000, Juara II Rp2.250.000, Juara III Rp1.750.000. Untuk Harapan I Rp1.250.000, Harapan II, Rp1.000.000, Harapan III Rp750.000

Ketua PWI Sibolga-Tapanuli Tengah, Sahat Jason Gultom dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan lomba karya tulis ilmiah yang pengumuman pemenangnya dilangsungkan hari ini di Ballroom PIA Hotel Pandan, merupakan program kerja PWI Sibolga-Tapteng. Di mana melalui karya ilmiah ini, PWI mengajak para pelajar di kedua daerah untuk menuangkan kajian dan pandangan mereka terhadap masa depan pendidikan di tengah pandemi COVID-19 saat ini.

“Kami dari PWI sengaja memilih tema ini, yaitu “Masa Depan Dunia Pendidikan di Tengah Pandemi COVID-19″. Dari hasil kesimpulan para peserta dalam karya tulisnya, layanan belajar online saat ini menjadi solusi untuk tetap bisa mengikuti proses belajar. Meskipun ada plus minus layanan tersebut. Dan di situlah peran serta orang tua untuk memberikan perhatian kepada anaknya saat mengikuti pembelajaran secara daring,” sebutnya.

Suksesnya pelaksanaan Lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat SMA sederajat itu sambung Ketua PWI, tidak terlepas dari dukungan Pemkab Tapanuli Tengah, Kantor Perwakilan (KPw) BI Sibolga, Bank Sumut Pandan, dan mitra kerja dari PWI Sibolga-Tapteng.

Kepala Kantor Perwakilan BI Sibolga, Aswin Kosotali yang didaulat menyampaikan sambutan dalam kegiatan itu menyampaikan, apresiasi untuk PWI Sibolga-Tapteng.

“Lomba karya tulis ini sagat kami apresiasi untuk memacu semangat para pelajar untuk menulis, karena sebagaimana kita ketahui, bahwa minat baca dan menulis kita di Indonesia ini masih rendah. Dengan adanya kegiatan seperti ini, akan mendorong anak-anak untuk membaca dan menulis. Dan jika sudah terbiasa menulis dan membaca, maka akan berani untuk bersaing,” katanya.û

Untuk itulah Kosotali mengimbau peserta lomba yang keluar jadi pemenang, agar terus berlatih. Dan bagi yang belum juara, agar jangan patah semangat.

Aswin pun menyebutkan, Bank Indonesia sebagai Bank Sentral turut serta mendukung kegiatan tersebut bersama dengan rekan-rekan wartawan, karena hal itu merupakan bagian dari tugas dan tanggung jawab Bank Indonesia khususnya di Kantor Perwakilan di daerah.

KPw BI Sibolga sebagai salah satu Kantor Perwakilan Bank Indonesia Dalam Negeri memiliki peran penting menyusun dan melaksanakan program komunikasi BI Wide (One Voice), termasuk  memfasilitasi dan mengkoordinasikan pelaksanaan komunikasi BI di daerah yang mencakup sosialisasi terkait kebijakan dan Program Kerja Bank Indonesia dalam mendukung perekonomian di daerah,” pungkasnya.

Sementara itu Bupati Tapteng yang diwakili Asisten I, Erwin Marpaung dan juga Wali Kota Sibolga yang diwakili Staf Ahli Wali Kota, Yasman, mendukung kegiatan lomba karya tulis yang diselenggarakan PWI. Itu sebagai bukti wartawan turut peduli terhadap nasib pendidikan saat ini.

Sementara itu mewakili pemenang lomba, Daffa Prasetya Putra Raksasentana mengharapkan, agar kegiatan lomba yang dilakukan PWI Sibolga-Tapteng menjadi agenda tahunan PWI, guna memberikan kesempatan kepada pelajar SMA Sederajat.

“Yang pasti kami sangat senang dan bangga ikut dalam lomba ini. Kami semakin paham akan tugas dan profesi wartawan, untuk memberikan informasi yang baik dan benar kepada masyarakat, serta menjadi sosial kontrol. Dan melalui kegiatan yang luar biasa ini, kami bisa melihat dan merasakan langsung peran dari jurnalis itu dalam dunia pendidikan. Saya atas nama peserta yang berkesempatan sebagai Juara I menyampaikan rasa hormat dan terima kasih kepada PWI. Doa kami PWI terus eksis dan tetap menjadi organisasi profesi yang handal profesional,” ungkapnya.

Kegiatan ini juga disiarkan langsung melalui akun media patner PWI dan juga aplikasi zoom meeting.

Sedangkan yang menjadi dewan juri dalam lomba karya tulis ini, Siti Aisyah S.Pd, M.Hum, H. Hermansjah SE (Ketua PWI Sumut) dan Sahat Jason Gultom, S.Th (Ketua PWI Sibolga-Tapteng).

Turut hadir dalam acara penganugerahan pemenang ini, mitra kerja dan undangan PWI, di antaranya Kepala Kantor Imigrasi Sibolga, Dr. Saroha Simanullang, mewakili Pimpinan Cabang Bank Sumut Pandan, dari Kantor Bea Cukai Sibolga, UP3 PLN Sibolga, perwakilan Kepala Sekolah, para guru pendamping dan orang tua siswa. (Red)

<span;>

News Feed