oleh

Danrem 023/KS Cek Kesiapan Prajurit Satgas OPS Pamtas RI-PNG Yonif 123/RW

Padangsidimpuan, 22/7 (Batakpost.com)- Bertempat di Mako Yonif 123/RW, Komandan Korem 023/KS Kolonel Inf Febriel B Sikumbang, S.H., M.M melakukan pengecekan kesiapan Prajurit  Yonif 123/RW yang akan melaksanakan Satgas Operasi Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Republik Indonesia (RI)-Papua New Guinea (PNG) Tahun 2021.

Danrem 023/KS, menyampaikan Peninjauan ini dilakukan untuk mengetahui kesiapan personel, materiil dan logistik pasukan yang akan melaksanakan tugas operasi sebagai Satgas Pengamanan Perbatasan (Pamtas) di wilayah Papua.

Danrem 023/KS langsung memeriksa seluruh kesiapan prajurit,  persenjataan dan perlengkapan yang akan digunakan, termasuk mengecek satu persatu prajurit yang akan mengawaki peralatan yang akan dibawa tugas pengamanan perbatasan  di wilayah Papua.

“Seperti kita ketahui bahwa tugas TNI Angkatan Darat semakin kompleks dan dinamis, dikaitkan dengan perkembangan terakhir situasi keamanan di wilayah Papua, khususnya daerah perbatasan yang masih rawan, berupa tindakan ilegal baik penyelundupan barang, narkoba ataupun manusia dan lintas batas pergeseran patok perbatasan yang masih menjadi keprihatinan tersendiri,” kata Danrem.

Disisi lain lanjutnya, dengan mudahnya oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan kondisi tersebut untuk mengubah fungsi daerah perbatasan menjadi jalur transit perdagangan illegal. Untuk itu kepada seluruh prajurit agar selalu waspada dan jangan pernah ragu dalam melaksanakan tugas guna menegakkan integritas dan menjaga kedaulatan NKRI sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Lebih lanjut Mantan Asops Kasdam V/Brawijaya mengingatkan, agar menjaga kekompakan dan kewaspadaan di daerah penugasan. Jangan melakukan pelanggaran.

“Ingat, bahwa keluarga kita istri, anak, dan orangtua kita menunggu di rumah. Jangan beranggapan bahwa yang tidak berangkat tugas lebih enak dari kalian, karena merekapun juga punya tanggung jawab besar untuk tugas pengamanan markas dan pengamanan keluarga selama ditinggal tugas,” tandasnya.

Danrem pun menegaskan, agar melaksanakan tugas sesuai perintah komando dan jangan sekali-kali keluar dari niatan melaksanakan tugas, yang akan berakibat pada kerugian personel maupun materiel serta satuan.

“Jalankan dengan penuh disiplin dengan selalu berpedemoman pada SOP penugasan operasi,” pesan Danrem

Tampak hadir saat pengecekan, Kasiops, Kasilog Rem 023/KS, Dandenhubrem, Dandebekang, Dandenkes, Dandepal (ril)

News Feed