oleh

Gerakan Tanam Padi Gogo Untuk Memperkuat Ketahanan Pangan di Taput

Siborongborong, 16/6 (Batakpost.com)- Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si bersama Kepala BPS Taput Ester Sitorus didampingi Asisten II Osmar Silalahi dan Kadis Pertanian Sondang Ey Pasaribu serta beberapa Pimpinan OPD terkait, panen perdana padi Gogo di Dusun II Sihantandahon Desa Pohan Julu, Kecamatan Siborongborong, Rabu (16/6).

“Secara nasional pertumbuhan ekonomi telah minus 2,07 tetapi puji Tuhan untuk Kabupaten Tapanuli Utara pertumbuhan ekonomi masih 1,5 persen. Persoalan infrastruktur menjadi prioritas utama saya dalam upaya mendongkrak perekonomian. Sudah hampir tuntas, tetapi masih ada yang harus saya selesaikan, khususnya jalan utama,” ujar Bupati mengawali sambutan dalam acara panen perdana itu.

Dalam kesempatan itu, Bupati menyampaikan bahwa gerakan menanam padi Gogo ini untuk memperkuat ketahanan Pangan dalam mewujudkan Taput sebagai lumbung pangan.

“Kita juga turut ambil bagian dalam mensukseskan untuk kedaulatan Pangan,” kata Bupati.

Adapun panen perdana Padi Gogo di Desa Pohan Julu ini ditanam di lahan seluas 5 Ha, dengan hasil panen 22,5 ton. “Ini hasil yang sangat baik sehingga jenis padi Gogo ini akan kita kembangkan lagi,” ujar Bupati.

Menurut penjelasan Kepala BPS, Ester Sitorus, hasil dari 5 hektar ini telah dilakukan ubinan, sehingga hasilnya telah dihitung mencapai 4,5 ton/hektar.

Kepala Desa Pohan Julu Demak Simangunsong menyampaikan, bahwa di masa kepemimpinan Nikson Nababan banyak harapan, karena Bupati memberikan perhatian yang luar biasa untuk bidang pertanian dan juga infrastruktur pedesaan.

“Setelah pembenahan infrastruktur yang bapak Nikson lakukan, saat ini sudah hampir setiap hari mobil pick up mengangkut hasil pertanian seperti nenas dan hasil lainnya dari tempat kami ini. Dan tidak lupa kami juga memohon kepada pak Bupati agar bantuan Stimulan perumahan Swadaya (BSPS). Sekali lagi, kami mengucapkan terima kasih atas perhatian Bapak Bupati Nikson Nababan yang luar biasa kepada rakyatnya,” kata Demak.

Para penyuluh pertanian yang ada di Taput juga mendukung program pertanian yang dicanangkan oleh Bupati Nikson, guna mewujudkan Taput sebagai lumbung pangan.

Pada kesempatan itu pengusaha Kopi atas nama Joko memberikan bantuan 6.000 batang bibit kopi yang disalurkan melalui kelompok tani. Menurutnya, sampai saat ini sudah sebanyak 250 ribu batang bibit kopi yang sudah mereka salurkan kepada para petani. (ril)

News Feed