oleh

Bupati Nikson Serahkan Dana Hibah Untuk 69 Rumah Ibadah di Taput

Taput, 15/6 (Batakpost.com)- Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si bersama Wakil Bupati Tapanuli Utara, Sarlandy Hutabarat, SH, didampingi Staf Ahli Eliston Lumbantobing, Asisten I Parsaoran Hutagalung dan Kabag Kesra Josua Napitupulu, menyerahkan bantuan dana hibah secara simbolis kepada penerima dana hibah untuk pembangunan dan rehabilitasi sarana dan prasarana 69 rumah ibadah, baik Gereja maupun Masjid yang ada di Tapanuli Utara.

Ada pun besaran anggaran dana hibah yang ditampung pada APBD Taput Tahun 2021 sebesar Rp800 juta.

“Kiranya dana hibah ini dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk pembangunan rumah ibadah. Dan saya berharap, kita tidak hanya membangun gedung, tetapi juga akhlak dan iman. Bagaimana kita menciptakan pemuda Gereja/Masjid menjadi SDM yang tangguh, terutama menghadapi pandemi ini,” ujar Bupati, Senin (14/6) di Aula Martua Kantor Bupati Taput.

Bupati menyebutkan, tokoh agama merupakan partner Pemerintah dalam penanganan COVID-19 ini. Untuk itu  mari kita saling bersinergi dalam memutus penularan COVID-19 di Tapanuli Utara dengan mematuhi prokes. “Gereja dan Masjid sebagai perpanjangan tangan Pemerintah dalam menekan penularan COVID-19 ini,” sebutnya.

Dalam pemulihan ekonomi, Nikson juga berharap, agar Gereja dan Masjid memanfaatkan pekarangan sekitar untuk menciptakan Tanaman Obat Keluarga (TOGA), seperti tanaman jahe, kunyit dan tanaman-tanaman yang berbuah. Dan juga dapat memanfaatkan lahan untuk beternak ayam petelur, sehingga pekarangan rumah ibadah dapat bermanfaat.

Untuk mewujudkan TOGA dan pemanfaatan lahan-lahan yang ada untuk percepatan kemajuan perekonomian secara mikro, Bupati juga memberikan bantuan pengadaan bibit bagi tiap gereja sebesar Rp500 ribu untuk 69 rumah ibadah.

Mewakili penerima dana hibah, Kamisdi Tambunan dan Pniel Sinaga, menyampaikan ucapkan terima kasih kepada Bupati Taput yang sudah menampung dana hibah untuk perbaikan sarana dan prasarana rumah ibadah, ditambah lagi dana pengadaan bibit untuk ditanam di lingkungan rumah ibadah.

Ada pun dedominasi gereja yang menerima dana hibah dari Pemkab Taput ini sebanyak 19 dedominasi gereja. (ril)

News Feed