oleh

Kompa PGI Tapteng Tanam Satu Suta Pohon

Tapteng, 21/2 (Batakpost.com) -Didasari rasa prihatin atas bencana alam dan juga kebakaran hutan yang kerap terjadi belakangan ini, membuat Komisi Pemuda (Kompa) Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI) Daerah Tapanuli Tengah melakukan gerakan penghijauan satu juta pohon.

Gerakan penanaman satu juta pohon diawali sore ini di Kelurahan Sibuluan Nalambok, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

Menurut Ketua Kompa PGI Tapanuli Tengah, Krisman Tumanggor, ST, di lokasi penanaman pohon mengatakan, peristiwa kebakaran hutan dan bencana alam yang kerap terjadi di bumi ini akibat dari kelalaian manusia itu sendiri yang tidak mau lagi bersahabat dengan alam.

Dan melalui kegiatan ini, pemuda gereja yang berada di bawah naungan PGI melakukan gerakan penghijauan sebagai wujud nyata melindungi bumi.

BACA JUGA: BI Targetkan 12 Juta Merchant QRIS Tahun 2021

“Satu juta pohon ini merupakan target kami dalam satu tahun ini. Dan hari ini yang kami tanam sebanyak 850 batang pohon jenis Jabon. Di mana pohon ini memiliki nilai ekonomis dan layak untuk dikembangkan. Dan kami yakin jika para pemuda gereja bersatu dengan jemaat dan juga masyarakat, maka target satu juta pohon dapat terwujud di Kabupaten Tapanuli Tengah ini,” tandasnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua PGI Daerah Tapanuli Tengah, Pendeta Toman Tambunan, S.Th. Menurutnya, makna kegiatan yang dilakukan hari ini sesuai dengan firman Tuhan yang tertulis dalam Kitab Mazmur 115:16. “Langit itu langit kepunyaan Tuhan dan bumi itu telah diberikan-Nya kepada anak-anak manusia.”

“Kita harus menyadari bahwa alam ini adalah milik Tuhan yang diberikan kepada manusia untuk dirawat dan dilestarikan. Namun masih banyak yang belum menyadari hal itu, sehingga tega untuk merusak. Kegiatan yang dilakukan oleh Komka PGI hari ini sangat kami apresiasi sebagai tanggung jawab untuk melestarikan alam, sekaligus imbauan agar masyarakat turut terlibat melestarikan alam kita ini,” ujarnya.

Acara penanaman pohon ini diawali dengan kebaktian singkat sekaligus penyampaian renungan yang mengajak para pemuda gereja untuk semakin peduli dan lebih dekat dengan alam.

Pantuan di lokasi, para pemuda tampak semangat dan kompak untuk menanam pohon di lokasi perbukitan yang sudah gersang. (RED)

News Feed