oleh

Besok, Perayaan Imlek di Vihara Avalokitesvara Sibolga Hanya Sembahyang Saja

Sibolga, 11/2 (Batakpost.com)- Perayaan Tahun Baru Imlek 2021 di Vihara Avalokitesvara, Jalan S. Parman Sibolga Kota, Sibolga, Sumatera Utara, besok, hanya diisi dengan kegiatan sembahyang saja tanpa ada kebaktian. Hal itu dilakukan berkaitan dengan penerapan protokol kesehatan COVID-19.

Demikian dijelaskan Sabar, penjaga Vihara Avalokitesvara Sibolga ketika ditanyai wartawan terkait persiapan pelaksanaan Imlek besok di Vihara itu.

“Kalau biasanya setiap perayaan Tahun Baru Imlek, selalu diisi dengan kebaktian, namun tahun ini karena situasi COVID-19, kegiatan Imlek hanya diisi dengan sembahyang tradisi (bakar dupa) saja. Habis itu langsung pulang,” ungkapnya, Kamis (11/2).

BACA JUGA: 3 Pilot Terjerat Kasus Narkoba

Karena tidak ada kegiatan kebaktian, persiapan yang dilakukan di Vihara terbesar di Kota Sibolga itu tidak banyak. Panitia hanya menyiapkan dupa untuk dibakar, dan persiapan perlengkapan prokes.

“Tidak ada persiapan yang lain. Di tempat kebaktian nanti hanya dipasang lilin saja. Dan umat yang sudah selesai sembahyang langsung pulang ke rumah masing-masing. Kalau tahun-tahun sebelumnya, sehabis kebaktian dilanjutkan dengan sembahyang (membakar dupa),” tambahnya.

Sesuai dengan jadwal, Vihara besok dibuka pukul 07.00WIB sampai selesai. Secara bergiliran umat Buddha yang ikut sembahyang akan diatur jaraknya dan wajib mematuhi prokes. Sesudah itu tidak diperkenankan melakukan kegiatan di Vihara.

“Imbauan juga sudah disampaikan kepada umat Buddha yang ada di Kota Sibolga khususnya yang beribadah di Vihara ini, untuk tidak menggelar kegiatan di luar tradisi sembahyang. Dan untuk perayaan Imlek diminta dirayakan di rumahnya masing-masing,” pungkasnya.

Hasil amatan di lokasi, pos pengamanan dari Polres Sibolga sudah disiapkan di samping Vihara, seperti tahun-tahun yang lalu. (RED)

 

 

News Feed