oleh

Sekarang Waktu Tempuh dari Pelabuhan Bakauheni Lampung ke Palembang Hanya 3 Jam dari 12 Jam

Palembang, 27/1 (Batakpost.com)- Luar biasa prospek pembangunan jalan tol yang dilakukan Presiden Joko Widodo di Provinsi Sumatera Selatan. Di mana jalan tol ruas Kayu Agung-Palembang di Sumatera Selatan sepanjang 42,5 KM sudah siap untuk digunakan.

Dengan selesainya pembangunan jalan tersebut, maka Provinsi Lampung kini semakin terkoneksi dengan Provinsi Sumatera Selatan. Dan yang paling luar biasanya waktu tempuh dari Pelabuhan Bakauheni Lampung ke Palembang dengan jarak 373 kilometer yang biasanya 12 jam, kini hanya lebih tiga jam saja. Efisiensi ini jelas akan memberikan kontribusi pada penurunan biaya logistik dan akan memberikan daya saing yang besar bagi Palembang dan Lampung.

Presiden Jokowi dalam akun facebooknya menuliskan, tuntas sudah pembangunan jalan tol ruas Kayu Agung-Palembang di Provinsi Sumatra Selatan. Hari ini, jalan tol sepanjang 42,5 kilometer itu sudah siap digunakan. Dan ini adalah sebuah lompatan besar. Mengapa?

BACA JUGA: Presiden Jokowi Tiba di Bandara Silangit, Ini Agendanya selama di Humbang

Karena jalan tol tersebut adalah poros utama trans-Sumatra, terhubung dengan ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang- Kayu Agung yang telah rampung sejak November 2019.

Provinsi Lampung pun kini semakin terkoneksi dengan Provinsi Sumatra Selatan.

BACA JUGA: Jokowi Pulang, Pelabuhan Sibolga Ramai Dikunjungi

Waktu tempuh dari Pelabuhan Bakauheni Lampung ke Palembang dengan jarak 373 kilometer yang biasanya 12 jam, kini hanya lebih tiga jam saja. Efisiensi ini jelas akan memberikan kontribusi pada penurunan biaya logistik dan akan memberikan daya saing yang besar bagi Palembang dan Lampung.

Hingga saat ini, 657 kilometer ruas jalan tol di sepanjang trans-Sumatera telah dapat digunakan, 608 kilometer dalam tahap konstruksi, 430 kilometer memasuki persiapan konstruksi. Selebihnya, 1.297 kilometer segera menyusul.

Jalan tol ini tidak hanya menghubungkan antarwilayah antardaerah, tapi juga untuk membangkitkan perekonomian di Pulau Sumatera, menumbuhan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru dan mengembangkan simpul-simpul pertumbuhan ekonomi yang produktif. (Btp)

 

News Feed