oleh

Presiden Jokowi Tinjau Lokasi Gempa di Sulawesi Barat dan di Tenda Pegungsi

Sulbar, 19/1 (Batakpost.com)- Seperti tidak mengenal lelah Presiden Joko Widodo langsung terbang ke lokasi gempa di Sulawesi Barat, setelah sebelumnya juga baru meninjau banjir di Kalimantan Selatan.

Di Sulbar Presiden meninjau beberapa titik lokasi gempa, dan termasuk tempat pengungsian di Tenda-tenda yang sudah berdiri berjajar di atas lapangan rumput Stadion Manakarra, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

“Saat saya datang berkunjung siang ini, Stadion Manakarra untuk sementara dialihfungsikan sebagai tempat pengungsian bagi para warga terdampak bencana gempa. Saya pun sudah menyaksikan sendiri dampak besar gempa berkekuatan magnitudo 6,2 itu. Tadi saya sudah mendatangi beberapa lokasi, termasuk gedung kantor gubernur yang rusak,” kata Presiden Joko Widodo dalam aku facebooknya, Selasa (19/1/2021).

Tenda-tenda sudah berdiri bagi para pengungsi. (facebook Presiden Jokowi)

Disampaikan Presiden, pemerintah pusat akan membantu pembangunan kembali gedung-gedung pemerintahan yang roboh agar pelayanan publik dapat kembali berjalan. Dan yang lebih penting Presiden ingin memastikan evakuasi dan pertolongan kepada warga terdampak gempa telah berjalan dengan baik.

BACA JUGA: Korban Meninggal Menjadi 34 Orang Dan Dikhawatirkan Bertambah, Jaringan Listrik Padam

“Dukacita yang mendalam atas jatuhnya korban jiwa dalam bencana ini. Semoga keluarga-keluarga yang ditinggalkan diberiNya keikhlasan dan kesabaran,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu juga, Presiden sempat berbincang-bincang dengan salah seorang warga pemilik rumah yang runtuh akibat gempa.

Menurut Presiden ada sejumlah rumah yang mengalami kerusakan parah di Sulbar setelah gempa yang mengguncang, Jumat pekan lalu. Ada retak, rusak parah, bahkan runtuh.

“Pemerintah pusat akan memberikan bantuan untuk perbaikan rumah warga yang mengalami kerusakan. Nilai bantuan Rp10 juta sampai Rp50 juta rupiah, tergantung tingkat kerusakan,” kata Presiden. (facebook Presiden Joko Widodo)

News Feed