oleh

Data Kekuatan Atlet di Wilayah IV

Tapteng, 16/11 (Batakpost.com)- Kabupaten Tapteng dipercaya sebagai tuan rumah gelaran rapat koordinasi (Rakor) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumut, dengan pengurus KONI kabupaten/kota di wilayah IV, di PIA Hotel, Pandan, Senin (16/11/2020).

Ketua KONI Sumut, John Ismadi Lubis menjelaskan, wilayah IV meliputi, Tapteng, Sibolga, Padangsidimpuan, Tapsel, Madina, Gunungsitoli, Nias, Nias Utara, Nias Selatan, dan Nias Barat.

“Kegiatan ini dijadwal berlangsung dua hari, Senin-Selasa (16-17/11/2020),” ujar John Ismadi Lubis kepada wartawan usai rapat digelar, Senin malam.

Menurut John, agenda kegiatan ini adalah melakukan pendataan atau menginventarisasi kekuatan atlet olahraga di kabupaten/kota yang masuk dalam wilayah IV.

“Kita ingin mendata berapa banyak sebetulnya potensi dan kekuatan atlet yang berlatih di daerah. Dari situ, nantinya kita dapat mengetahui berapa sebenarnya potensi atlet yang berlatih di Sumut. Kita mau tahu, berapa potensi kita,” ungkap John.

Pihaknya juga ingin berdiskusi dengan pemerintah daerah (Pemda) terkait pembinaan atlet yang berpotensi menghasilkan medali.

“Nanti kita akan lihat, berapa atlet kita yang menjadi juara pada PON 2021, untuk dibina mengikuti PON 2024,” tutur John.

Menurut John, sebenarnya banyak yang tidak terdata, semisal ada atlet tapi pengcabnya tidak ada.

Maka itu, pihaknya meminta kepada pengurus KONI kabupten/kota untuk lebih selektif melakukan pendataan ini.

“Kalau memang tidak ada pengcabnya, untuk apa jadi anggota KONI,” John menambahkan.

Ketua KONI Tapteng, Abdul Rahman Sibuea mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada KONI Sumut yang telah memberi kepercayaan kepada Tapteng sebagai tuan rumah kegiatan ini.

Pada momen ini, KONI Tapteng juga mengajak seluruh peserta, yakni pengurus KONI kabupaten/kota bisa menikmati keindahan alam di Tapteng.

“Jadi, kita sempatkan juga untuk promosi wisata, sekalipun dalam suasana pandemi Covid-19, tetapi saat ini mulai ada kelonggaran,” tutur Abdul Rahman.

Sebagai Ketua KONI Tapteng, dia pun selalu berupaya membawa nama Tapteng supaya dikenal kawan-kawan, khususnya di dunia olahraga. Sebagai bukti, Tapteng bertengger di posisi ke-13 di Sumut.

“Kita juga menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Tapteng yang telah membina KONI, seperti yang sudah berjalan selama ini,” katanya.

Meski demikian, pihaknya juga mengakui, tertib administrasi di bidang olahraga di Tapteng masih kurang.

“Terutama, itu di cabang olahraga dan klub. Kita bersyukur dengan kegiatan ini, dan kita akan mulai melakukan pendataan,” ungkapnya. (RED)

News Feed