oleh

Personel Polres Tapteng Diswab Massal

Tapteng, 22/9 (Batakpost.com)- Sebanyak 52 orang personel Polres Tapanuli Tenga diswab massal hari ini. Kegiatan swab massal itu dalam rangka program Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan terkait percepatan penanganan COVID-19 di daerah melalui kegiatan 3T, yaitu Testing (pemeriksaan), Tracing (Pelacakan), dan Treatment (Pengobatan).

Kegiatan swab massal yang digelar Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Tengah di hari kedua ini, berlokasi di Mapolres Tapteng, dan ke rumah-rumah penduduk yang ada kontak dengan pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 di wilayah Pandan dan sekitarnya, serta di Radar 234 Sibolga.

Sebagaimana diketahui, bahwa Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menargetkan minimal 10.000 sampel swab dari Kabupaten/Kota di seluruh Sumatera Utara, dalam lima hari dengan minimal 2.000 spesimen sampel swab diperiksa di laboratorium setiap harinya.

Dan untuk Kabupaten Tapanuli Tengah sebanyak 500 kuoata yang akan diswab terdiri dari berbagai instansi yang ada di Kabupaten Tapanuli Tengah.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Tengah, Nursyam, sebagai tindaklanjuti instruksi Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani, Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Tengah melakukan swab massal selama 5 hari terhadap 500 orang masyarakat Kabupaten Tapanuli Tengah.

“Kemarin Senin pagi (21/9/2020), kita mulai melakukan swab massal untuk 52 orang di jajaran Puskesmas dan tenaga medis yang ada di Puskesmas Sarudik. Dilanjutkan terhadap personil TNI-AD di Makodim 0211/TT siang hingga sore harinya,” katan Nursyam.

Ditambahkan Kadis Kesehatan, sebelumnya Bupati Tapanuli Tengah telah menerbitkan Surat Edaran Nomor 2370/4431/IX/2020 Tanggal 18 September 2020 tentang pelaksanaan swab massal pencegahan penyebaran COVID-19 di wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah. Surat Edaran Bupati itu ditujukan kepada Forkopimda,

Sekretaris Daerah, Pimpinan OPD, Camat, Direktur RSUD Pandan, dan Pimpinan Puskesmas seluruh Tapteng.

Ada pun petugas medis yang turun ke lapangan melakukan swab massal ini terdiri dari petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Tengah. (RIL)

News Feed