oleh

Dinas Kesehatan Sibolga Bekerjasama Dengan Pemprovsu Adakan Kegiatan Swab massal

Sibolga, 21/9 (Batakpost.com)- Dinas kesehatan Kota Sibolga, Sumatera Utara, hari ini mengadakan swab massal di Kota Sibolga. Swab massal ini akan berlangsung sampai empat hari ke depan. Untuk hari pertama kegiatan dilaksanakan di Makodim 0211/TT, di Jalan SM Raja Sibolga. Di mana Sebanyak 42 personel dari Kodim 0211/TT diswab hari ini.

Menurut Keterangan Kadis Kesehatan Pemkot Sibolga, Firmansyah Hulu melalui Kabid P2P, Sri Wahyuni kepada wartawan, mengatakan, bahwa target dari pelaksanaan swab massal ini sebanyak 187 orang, namun yang mendaftar sudah sebanyak 255 orang.

“Jadi pesertanya sudah melebihi target, dan itu bagus. Walau pun targetnya lebih, tidak ada masalah, semuanya peserta akan kita swab. Dan ini merupakan program dari Pemprovsu untuk 25 Kabupaten/Kota yang ada di Sumatera Utara, yang angka postifi COVID-19 nya tinggi,” jelasnya, Senin.

Untuk hari kedua pelaksanaan swab massal sambungnya, akan dilaksanakan di RSU FL Tobing Sibolga dan Polresta. Untuk hari Rabu di RS Metta Medika I-II. Hari Kamis di UPT Pasar, dan hari Jumat serentak di Puskesmas.

Sedangkan untuk hasil swab nanti pihak Provinsi yang mengirimkan hasilnya ke Dinas Kesehatan Sibolga.

“Tugas kita melakukan swab tenggorokan, nasofaring dan orofaring. Selanjutnya kita kirim ke Provinsi, dan pihak Provinsi mengirim ke laboratorium. Sedangkan berapa lama hasilnya keluar, itu nanti pihak Provinsi yang memberitahukan kepada kita, karena ini sifatnya massal dan pesertanya ribuan orang,” kata Sri menjelaskan.

Ada pun petugas yang dilibatkan sebanyak 10 orang tim medis, terdiri dari tim medis Dinas Kesehatan Sibolga, Puskesmas dan UPTD Laboratorium Sibolga. (RED)

News Feed