oleh

Kodim 0212/TS Gelar Penanaman Perdana Jagung Program Pemberdayaan Prajurit

Padangsidimpuan, 11/9 (Batakpost.com)- Komando Distrik Miiter (Kodim) 0212/Tapanuli Selatan (TS), menggelar penanaman Jagung Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif di Desa Sihitang, Kota Padangsidempuan, Sumatera Utara (Sumut), Kamis (10/9).

Kegiatan yang mengambil tema “Melalui Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif akan Tercipta Kesejahteraan yang akan Menunjang Situasi yang Aman dan Kondusif” itu dilaksanakan sesuai arahan Pemerintah dan Pimpinan TNI untuk  memanfaatkan lahan tidur yang dijadikan menjadi lahan produktif dan mengajak  masyarakat untuk gemar bercocok tanam dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan.

Komandan Kodim (Dandim) 0212/TS, Letkol (Inf) Rooy Chandra Sihombing mengatakan, Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif ini akan dilakukan berkesnambungan untuk daerah Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel). Hal ini sebagai bentuk keperdulian TNI kepada masyarakat dalam rangka memperkuat ketahanan pangan.

“Selain Jagung, bisa juga tanaman lain seperti Ubi kayu/Singkong,” kata Rooy.

Mantan Komandan Bataliyon Infanteri (Danyonif) 123/Rajawali (RW) ini mengakui, program penanaman Jagung diatas lahan seluas 2 Ha tersebut merupakan contoh yang dapat meningkatkan ketahanan pangan Prajurit dan masyarakat.

“Umumnya dimasa Pandemi COVID-19,” tukasnya.

Wali Kota Padangsidempuan, Irsan Effendi Nasution, Dandim 0212/TS, Letkol (Inf) Rooy Chandra Sihombing,dan Kapolres Padangsidempuan, AKBP Juliani Prihartini melakukan penanaman perdana Jagung di Sihitang, Padangsidempuan, Kamis (10/9). (SeputarTapanui/Dok Penrem 023/KS)

Sementara itu, Wali Kota Padangsidimpuan, Irsan Effendi Nasution, dalam sambutannya mengapresiasi dan menyambut baik gerakan menanam yang digagas oleh Dandim 0212/TS, Letkol (Inf) Rooy Chandra Sihombing. Diakui, gerakan menanam ini sangat baik dan bisa di contoh masyarakat, terutama dalam pemanfaatan lahan kosong guna mendukung  ketahanan pangan di masyarakat.

“Saya yakin, semua kita bisa berkontribusi mengambil bagian masing-masing untuk menopang ekonomi yang  bermanfaat untuk masyarakat. Apalagi, kita sudah berada dalam 6 bulan lebih dalam masa Pandemi COVID-19. Dampak yang kita rasakan, selain kesehatan, juga pertumbuhan ekonomi kita menurun,” tutur Irsan.

Turut hadir pada kesempatan itu, antara lain Kapolres Padangsidempuan, AKBP Juliani Prihartini, Kapolres Tapanuli Selatan (Tapsel), AKBP Roman Smardhana, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Padangsidempuan, Hendry Silitonga, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Padangsidempuan, Julius Panjaitan, dan Danyonif 123/RW Padangidempuan, Mayor (Inf) Goklas Pirtahan Silaban da lainnya. (rilpenrem023/KS)

News Feed