oleh

Bupati Taput Terima 2 Penghargaan Sekaligus

Taput, 11/9 (Batakpost.com)- Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si didampingi Asisten II Osmar Silalahi dan beberapa Pimpinan OPD terkait terima dua penghargaan sekaligus atas capaian yang sangat baik pada pelaksanaan Sensus Penduduk Online 2020.

Penghargaan pertama diberikan oleh Kepala BPS Republik Indonesia Dr. Suhariyanto dan penghargaan kedua diberikan oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi. Penghargaan diserahkan oleh Kepala BPS Kabupaten Tapanuli Utara Ester Sitorus, di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati Taput, Selasa (8/9/2020).

Penghargaan Bupati Taput yang pertama diterima dari Kepala BPS RI atas kategori Jumlah dan Persentase Penduduk Respon. Penghargaan kedua dari Gubernur Sumut atas prestasi sebagai kabupaten dengan capaian response rate sebanyak 33 persen yang melebihi target dalam pelaksanaan Sensus Penduduk Online.

Dalam kesempatan itu, BPS juga menyerahkan penghargaan kepada 6 (enam) camat untuk 3 kategori. Kategori pertama adalah Persentase Penduduk Respon Tertinggi diberikan kepada Camat Sipahutar Ronal Silitonga, S.Sos sebagai terbaik I dan terbaik II diberikan kepada Camat Parmonangan Erwan Hutagalung, SSTP, MSP. Kategori Presentase kedua adalah Kualitas Data Tertinggi dengan Terbaik I diberikan kepada Camat Adiankoting Junjungan Silaban, S.Sos dan terbaik II Camat Pangaribuan David Nainggolan, SSTP. Untuk kategori  ketiga, yakni Jumlah KK tertinggi diberikan kepada Camat Siborongborong Josua Napitupulu, SSTP, MS.i sebagai terbaik I dan terbaik II diberikan kepada Camat Tarutung Reinhard Lumbantobing, S.Sos.

“Masih banyak yang harus kita kerjakan. Masih ada 67 persen yang harus kita data. Ini butuh kerja keras kita, kerja keras para camat dan Kepala Desa secara keseluruhan. Kepada para camat yang mendapat penghargaan agar menjadi keterwakilan untuk pendataan sebanyak minimal 98 persen,” ujar Bupati mengawali sambutannya.

Para Camat Saat Menerima Penghargaan dari BPS. (batakpost.com/RED)

Selanjutnya Bupati menambahkan bahwa data ini sangat penting bagi negara. Bagaimana kondisi masyarakat Taput hingga ke daerah daerah pelosok.

“Data ini bukan hanya tanggung jawab BPS, Dinas Capil juga harus Kordinasi yang baik dengan BPS dalam mengolah data yang sebenarnya di Tapanuli Utara. Dalam penyelenggaraan pemilu dan Pilkada, data kependudukan yang akurat juga jangan dibutuhkan,” ujar Bupati menambahkan.

Bupati juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras dalam capaian ini.

“Terima kasih kepada BPS yang tetap bekerja keras dalam pendataan ini dan selalu berkordinasi dengan Pemkab Taput. Untuk sensus Penduduk Online tahap kedua kita juga akan mengatasi kelemahan di jaringan internet koordinasi dengan BPS,” ujar Bupati mengakhiri.

Kepala BPS Kabupaten Tapanuli Utara, Ester Sitorus menyampaikan apresiasi atas prestasi dan kerjasama dari Pemkab Taput.

“Kami sangat bangga dengan pemerintah daerah dalam sensus penduduk online ini karena melebihi target yang ditentukan dari pusat. Terimakasih pak Bupati. Saya juga apresiasi partisipasi dari Camat untuk 3 (tiga) kategori. Terimakasih para bapak Camat,” ujar Ester mengakhiri.

Sementara itu Camat Siborong-borong, perwakilan dari para camat saat menyampaikan sambutan juga menyampaikan terimakasih kepada Bupat dan seluruh OPD.

“Ini adalah prestasi Bapak Bupati Nikson Nababan dengan cara bagaimana membentuk kami untuk tetap bekerja keras, untuk tetap mengedepankan kepentingan rakyat, untuk tetap lebih banyak di lapangan. Terimakasih pak Bupati, ini motivasi untuk kami,” ujar Camat Siborongborong Josua Napitupulu mewakili Camat penerima penghargaan. (RED)

News Feed