oleh

3 Siswa SMA 1 Matauli Pandan Wakili Provsu di KSN 2020

Tapteng, 10/9 (Batakpost.com)- Sebanyak tiga orang siswa SMAN 1 Matauli Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah, wakili Provinsi Sumatera Utara, pada Kompetisi Sains Nasional (KSN) tahun 2020 yang direncanakan pelaksanannya pada tanggal 20-26 September 2020 di Bangka Belitung.

Lolosnya siswa Matauli Pandan atas nama Sevanya Sagala (Bidang Ekonomi), Gracena Sesilia Marde Fitria (Bidang Ekonomi) dan Raihan Nuryadin (Bidang Kebumian), setelah sebelumnya berhasil meraih peringkat I-III pada Kompetisi Sains Nasional Tingkat Provinsi (KSN-P) yang dilaksanakan secara online (daring) pada tanggal 10-14 Agustus 2020.

Demikian dijelaskan Kepala Sekolah SMAN 1 Matauli Pandan, Mudianto kepada ANTARA, Kamis, (10/9/2020) di Pandan.

“Peserta KSN-P adalah perwakilan tiap Kabupaten/Kota yang merupakan peringkat I-III hasil KSN tingkat Kabupaten yang telah dilaksanakan pada hari Selasa, 10 Maret 2020 lalu,” terangnya.

Sedangkan peserta KSN-P dari Kabupaten Tapanuli Tengah sebanyak 27 orang siswa untuk 9 mata pelajaran yang dikompetisikan terdiri dari 22 orang siswa SMA Negeri 1 Matauli Pandan. Sedangkan sisanya 2 orang siswa dari SMA Negeri 1 Mandumas, 2 orang siswa SMA Negeri 1 Tukka dan 1 orang siswa SMA Negeri 1 Pinangsori.

Berdasarkan Surat Keputusan Kepala Pusat Prestasi Nasional nomor 1502/J3/KP/2020 tentang Penetapan Peserta Pemenang Kompetisi Sains Nasional Tingkat Provinsi (KSN-P) Jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) Tahun 2020, maka ketiga siswa SMAN 1 Matauli Pandan itu akan berjuang mengharumkan nama Provinsi Sumatera Utara nantinya.

Untuk diketahui, bahwa Kompetisi Sains Nasional (KSN) yang sebelumnya bernama Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang diselenggarakan sebagai ajang pengembangan kemampuan peserta didik dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi (Sains), sekaligus sebagai sarana untuk menumbuhkembangkan semangat berkompetisi dan tradisi berprestasi di tingkat nasional hingga tingkat internasional.

Sementara itu Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memiliki tugas untuk melaksanakan penyiapan kebijakan teknis, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang pengembangan prestasi satuan pendidikan dan peserta didik yang diimplementasikan melalui penyelenggaraan lomba, festival, kompetisi, dan berbagai ajang lainnya.

Dalam bidang Sains untuk Jenjang Dikdasmen, Puspresnas menyelenggarakan KSN. Pelaksana KSN di Pusat diselenggarakan untuk sembilan bidang keilmuan yaitu Bidang Matematika, Bidang Fisika, Bidang Kimia, Bidang Informatika/Komputer, Bidang Biologi, Bidang Astronomi, Bidang Ekonomi, Bidang Kebumian, dan Bidang Geografi.

Dan untuk pelaksanaan KSN-P tahun 2020 ini tidak dapat dilakukan sebagaimana mestinya sehubungan adanya wabah COVID-19 di Indonesia. Oleh Kemendikbud telah menetapkan penyelenggaraan pembelajaran pada tahun ajaran 2O2O/2021 masa pandemi COVID-19 dengan sistem pembelajaran jarak jauh. Oleh karena itu penyelenggaran KSN-P dilakukan secara daring. (Int)

 

News Feed