oleh

Bupati Tapteng Panen Raya Padi 180 ton di Sosorgadong

Tapteng, 29/8 (Batakpost.com) – BupatiTapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani bersama Wakil Bupati Tapanuli Tengah Darwin Sitompul, Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Tapanuli Tengah, serta Kelompok Tani “Jalan Beras” Panen Raya Padi di Dusun II Desa Sibintang Kecamatan Sosorgadong, Sabtu (29/08/2020).

Padi yang dipanen kali ini sebanyak180 ton, jenis varietas Inpari 32 dengan di lahan seluas 25 hektare dengan produktifitas kisaran 7,2 ton/Ha.

Pada kesempatan itu, Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani mengapresiasi semangat para petani yang tergabung dalam kelompok tani atas kerja keras meningkatkan produktifitas hasil pertaniannya demi mewujudkan ketahanan pangan dan pemulihan ekonomi di masa pandemi COVID-19.

“Atas nama pribadi dan pemda, saya sangat menyambut baik serta mengapresiasi atas diselenggarakannya Panen Raya padi hari inidi Desa Sibintang. Mari kita sama-sama turun ke sawah,” udap Bupati.

Pada acara itu juga, Bupati menyerahkan bantuan benih padi Inbrida Sawah sebanyak 23,125 ton yang berasal dari Tugas Pembantuan (TP) APBN Tahun Anggaran 2020, yang dialokasikan ke 6 desa di Kecamatan Sosorgadong dengan penerima bantuan sebanyak 38 Poktan. Ada pun jumlah anggota 38 Poktan itu sebanyak 1.710 Kepala Keluarga (KK) dengan luas lahan pertanian 925 Ha.

Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani bersama dengan Wakil Bupati Darwin Sitompul saat menyerahkan bibit padi kepada kelompok tani yang ada di Kecamatan Sosorgadong. (batakpost.com/RED)

Bupati juga membagikan Semprot Hama Elektrik kepada 38 Kelompok Tani. Masing-masing Kelompok Tani mendapatkan 5 unit untuk digunakan bergantian.

“Semoga bantuan ini bisa dimanfaatkan dengan baik dan hasil panen padi semakin meningkat. Pesan saya kepada Ketua Kelompok Tani, sebelum turun ke sawah, sebaiknya berdoa terlebih dahulu agar hasil panen diberkahi Tuhan dan hasilnya melimpah,” pesan Bakhtiar.

Sementara itu, perwakilan dari Kelompok Tani, marga Simanjuntak mengatakan, bahwa hasil produk panen padi ini mengalami peningkatan dari hasil sebelumnya. Dan ucapan terima kasih disampaikan kepada Bupati Tapanuli Tengah dan Dinas Pertanian atas dukungan berupa bibit, obat-obatan dan pupuk, serta dampingan dari Koordinator PPL Dinas Pertanian Tapteng.

“Kami berharap agar bapak Bupati terus memberi dukungan kepada para petani, “ ucapnya.

Turut hadir pada acara itu, Ketua DPRD Tapteng Khairul Kiyedi Pasaribu, Wakil Ketua DPRD Tapteng Willy Saputra Silitonga, Anggota DPRD Tapteng, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tapanuli Tengah, Camat Sosorgadong, Forkopimka Sosorgadong, Lurah dan Kepala Desa seluruh Kecamatan Sosorgadong, PPL Dinas Pertanian Tapteng Tokoh Masyarakat, dan Kelompok Tani. (RED)

News Feed