oleh

2 Kapal di Sibolga Kecelakaan, 1 ABK Tewas, 6 Luka-luka

Sibolga, 24/8 (Batakpost.com)- Peristiwa kecelakaan dua kapal di perairan Sibolga, Sumatera Utara, pada Minggu Malam (23/8/2020) yang mengakibatkan 1 orang tewas dan 6 orang luka-luka, telah berhasil ditelusuri Polres Sibolga kronologis kejadian.

Kepada wartawan, Kapolres Sibolga AKBP Triyadi melalui Kasubbag Humas Iptu R Sormin mengatakan, peristiwa itu terjadi sekira pukul 20.00 WIB.

Dijelaskan, kedua kapal yang bertabrakan itu adalah Kapal Penyeberangan KMP Wira Glory dengan Kapal Nelayan KM Sinar Mas Jaya GT 48 Nomor 3118/ppb.

“Kapal Nelayan KM Sinar Mas Jaya berangkat dari Tangkahan Perikanan Beringin Jl. K.H.A Dahlan dengan tujuan untuk melaut yang dinahkodai oleh Dangol Silalahi dengan membawa ABK (Anak Buah Kapal) sebanyak 24 orang,” ujar Sormin, Senin (24/8/2020).

Setibanya di alur pelayaran pintu I Navigasi perairan Sibolga, terang Sormin, kapal nelayan tersebut bertabrakan dengan kapal penyeberangan KMP Wira Glory yang datang dari arah Pulau Nias yang dinahkodai oleh NM (55), warga Desa Manembo-Nembo Atas, Kecamatan Matuari, Kota Bitung Provinsi Bangka Belitung.

Akibat peristiwa itu, sambung Sormin, 1 orang meninggal dunia bernama Miswar Matondang (42) sebagai nahkoda III kapal nelayan tersebut warga Jalan SM. Raja, Gang Sihopo-hopo, Kelurahan Aek Manis, Kecamatan Sibolga Selatan, Kota Sibolga.

Sementara korban luka-luka hingga saat ini menurut Sormin sebanyak 6 orang. Dan keseluruhannya sebagai ABK KM Sinar Mas Jaya.

Ada pun kondisi KM Sinar Mas Jaya sambung Sormin, dalam keadaan rusak pada bagian rumah-rumah dan buritan kapal, ditambah mesin dalam keadaan mati. Sedangkan kerugian diperkirakan sekitar Rp700 juta.

“Untuk korban yang meninggal dunia telah dibawa ke RSU Metta Medika Kota Sibolga dan selanjutnya dibawa ke RSU Dr FL. Tobing Kota Sibolga guna keperluan Visum Et Repertum. Sementara korban luka-luka dibawa ke RSU Meta Medika Kota Sibolga,” jelasnya mengakhiri.

Polisi pun sudah mengamankan kedua kapal yang terlibat kecelakaan itu, dan saat ini masih dalam penyelidikan Sat Polair Polres Sibolga dan Pol Airud Baharkam Polri dan Reskrim Polres Sibolga. (RIL)

News Feed