oleh

Begini Cara Mendapatkannya

Medan, 17/8 (Batakpost.com)- Pemerintah melalui Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia (BI) resmi meluncurkan uang pecahan khusus berbentuk uang kertas pecahan bernilai Rp 75.000, Senin (17/08/2020).

Secara virtual, Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah, dan unsur Forkopinda Sumut mengikuti peluncuran uang peringatan kemerdekaan ke-75 RI itu secara virtual dari Pendopo Rumah Dinas Gubernur.

Kepala Perwakilan BI Sumut, Wiwiek Sisto Hidayat, mengatakan saat ini sudah tersedia 4 juta lembar di wilayah Sumut, yang tersimpan di BI Sumut di Medan, BI Pematang Siantar dan BI Sibolga.

“Uang pecahan khusus Rp 75.000 ini bisa juga digunakan untuk transaksi, selain untuk koleksi karena nilai historical-nya,” ujar Wiwiek Sisto Hidayat, bersama Gubernur Edy usai peluncuran.

Lalu bagaimana cara mendapatkannya?. Wiwiek Sisto Hidayat mengatakan untuk sementara uang pecahan khusus Rp75.000 itu hanya bisa didapatkan secara personal mulai 17-30 September 2020.

Caranya melalui mekanisme penukaran uang Rupiah pada aplikasi berbasis website di tautan https://pintar.bi.go.id. Dikatakan, 1 KTP berlaku untuk 1 lembar uang pecahan khusus 75 Tahun RI. “Dan setiap orang pemesan, hanya diperbolehkan mendapat 1 lembar saja,” ujar Wiwiek.

Aplikasi penukaran tersebut dapat diakses oleh masyarakat mulai tanggal 17 Agustus 2020 pukul 15.00 WIB. Penukaran uang dapat dilakukan di seluruh Kantor BI mulai 18 Agustus 2020.

Dan menandai peluncuran uang pecahan khusus itu, Wiwiek Sisto Hidayat, memberikan selembar kepada Gubernur Edy, Wakil Gubernur Musa Rajekshah, Sekdaprov Sumut, R Sabrina, dan unsur Forkopimda lainnya.

Gubernur Edy menyambut baik hadirnya uang pecahan khusus tersebut.

“75.000 itu pertanda kebesarannya Indonesia. Diharapkan uang pecahan tersebut disimpan, dilaminating. Nah ini menandakan 75 tahun Indonesia merdeka,” kata Edy. (medanbisnisdaily.com)

News Feed