oleh

Purna Paskibraka Tapteng Dilatih

Tapteng, 7/8 (Batakpost.com)- Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara (Sumut), memastikan akan menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (RI) ke-75 pada 17 Agustus 2020 dengan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

Kepala Dinas (Kadis) Pemuda dan Olah Raga (Pora) Tapteng, Hikmal Batubara, didampingi Kepala Bidang (Kabid) Kepemudaan, Betti Emyati Pasaribu, dan Alvin Rivana Sembiring, mengatakan kegiatan itu sesuai Surat Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora) Nomor PP.00.00/7.13.1/D.II.1/VII/2020, tanggal 13 Juli 2020 dan Surat Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Nomor B-492/M.Sesneg/Set/TU.00.04/07/2020, tanggal 6 Juli 2020 tentang Pedoman Peringatan HUT RI ke-75 Tahun 2020, serta Surat Edaran Gubernur Sumatera Utara (Gubsu).

Komantab Akan Kibarkan Merah Putih di Bawah Laut Pada HUT RI Ke-75Dandim ini Beri Kejutan Kepada Kapolres Sibolga di HUT Bhayangkara ke-744 Warga Sibolga ini Dapat SIM Gratis di HUT Bhayangkara ke-75.

“Inilah pedoman acuan kita dalam melaksanakan upacara di masa Pandemi COVID-19 saat ini,” kata Hikmal, Kamis (6/8).

Sesuai pedoman itu, Dispora Tapteng pun menggelar latihan Paskibraka di lapangan upacara SMAN 1 Matauli Pandan selama delapan hari, Kamis (6/8) hingga Jumat (14/8). Namun Paskibraka tahun 2020 ini berasal dari Purna Paskibraka tahun 2019 dengan syarat masih berstatus peserta didik SLTA sederajat.

“Ada 8 Purna Paskibraka 2019 yang bertugas kembali mengibarkan bendera merah putih saat HUT RI. Tiga orang pada saat penaikan bendera dengan formasi dua laki-laki dan satu perempuan dan tiga orang pada penurunan bendera dengan formasi dua laki-laki dan satu perempuan, serta dua orang pasukan cadangan,” imbuh Hikmal.

Kedelapan Purna Paskibraka itu terdiri dari; Roberto Sebastian Parapat (laki-laki) asal SMAN 2 Tukka, Andhika Aryadi Putra (laki-laki) asal MAN 2 Tapteng, Yosua Calvin Simamora (laki-laki) asal SMK Swasta Taruna Pandan dan Alvi Ardika Syahputra (laki-laki) asal MAN 2 Tapteng.

Kemudian Stephan Josua Situmorang (laki-laki) asal SMAN 1 Matauli Pandan, Hilda Sofia Afifa Siregar (perempuan) asal SMAN 1 Matauli Pandan, Rani Salsabila (perempuan) asal SMAN 1 Matauli Pandan dan Wahidatun Nisa Karani Hutagalung (perempuan) asal SMAN 1 Tukka.

“Pelatihnya dari Komando Distrik Militer (Kodim) 0211/Tapanuli Tengah (TT), Serka Taufik dan Serda Bambang,” tutur Hikmal.

Hikmal tidak memungkiri, dalam menghadapi Pandemi COVID-19 ini, para peserta Paskibraka tetap menerapkan Protokol Kesehatan. Pelatih maupun anggota Paskibraka tetap melakukan pengecekan suhu badan, mencuci tangan dan menjaga jarak serta memakai masker sebelum latihan hingga puncak kegiatan.

“Kemudian, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, kami bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Tapteng melakukan rapid test terhadap anggota Paskibraka dengan hasil non reaktif,” bebernya.

Sementara itu, satu orang putra Tapteng, yang juga Purna Paskibraka Sumut 2019, mendapat amanah kembali untuk menjadi Paskibraka Propinsi 2020. Siswa tersebut atas nama Robin Laurensus Sitanggang, asal SMAN 1 Matauli Pandan.

“Hal itu berdasarkan surat Dispora Sumut Nomor 427.2247/DISPORASU/2020, tanggal 3 Agustus 2020,” tukas Hikmal. (RED)

News Feed