oleh

Bupati Taput Usul Bansos Tahap II dari Pemprovsu Dalam Bentuk Bibit

Taput, 29/7 (Batakpost.com)- Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan mengusulkan agar bantuan sosial tahap II dari Pemprovsu agar disalurkan dalam bentuk bibit. Hal itu untuk mendukung program ketahanan pangan.

Hal itu disampikan Bupati kepada Ketua DPRD Sumatera Utara, Baskami Ginting dan rombongan dalam kegiatan kunjungan kerja Ketua DPRD Sumut ke Tapanuli Utara, Rabu (29/7/2020).

“Saya melihat bahwa bantuan tahap pertama dalam bentuk sembako sudah disalurkan dengan baik melalu program e-warung. Dan sejak awal sudah saya tekankan tidak boleh satu rupiah pun dikorupsi bansos dan nilainya juga tidak bisa dikurangi. Dan hasil penyaluran bansos tahap pertama juga sudah kami laporkan kepada Pak Gubernur,” ujar Bupati.

Untuk itulah Nikson menilai bahwa untuk bantuan tahap kedua agar diberikan dalam bentuk bibit ternak dan bibit pertanian. Hal ini sekaligus untuk mendukung program ketahanan pangan yang sedang giat-giatnya dilaksanakan di Tapanuli Utara.

“Apa bila usulan kam ini diterima, selanjutnya kita akan bahas bagaimana mekanisme penyaluran, termasuk bagaimana menjaga agar penyaluran itu berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Pada kesematan itu Nikson menyampaikan kepada Ketua DPRD Sumut, ada tiga kebijakan yang telah dilaksanakan Pemkab Tapanuli Utara sebagai upaya penanganan COVID-19. Diantaranya, penambahan sarana di RSUD Tarutung, seperti ruang isolasi dan ruang operasi untuk menyiapkan RSU Tarutung sebagai RSU rujukan, dan program peningkatan ketahanan pangan serta program recovery ekonomi.

Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting dan Wakil Ketua DPRD Rahmansyah Subarani saat diulosi Bupati Taput Nikson Nababan.

“Ketahanan pangan perlu dibangkitkan melalui pengadaan bibit tanaman, bibit ikan dan ternak termasuk melakukan operasi pasar untuk menjaga harga tetap stabil. Recovery ekonomi kita persiapkan dengan mulai membuka tempat pariwisata, tempat ibadah termasuk pelaksanaan pesta adat karena melibatkan banyak tenaga kerja sebagai sumber penghidupannya,” terang Nikson Nababan.

Sedangkan untuk pelaksanaan pesta adat, tambah Bupati, dilakukan pengawasan dengan ketat sesuai dengan standar protokol kesehatan, termasuk pelaksanaan adat penguburan bagi jenazah yang bukan pasien COVID-19.

Ketua DPRD Sumatera Utara Baskami Ginting mengatakan, kesanggupannya dalam mengawal usulan Bupati Taput, termasuk menyiapkan alokais anggaran khusus penanganan COVID-19, seraya berharap penyaluran Bansos Tahap II tepat pada sasaran.

“Kita siap mengawal usulan Bupati Taput, kita juga akan menyesuaikan dengan kesiapan anggaran terkait kondisi covid saat ini. Kita berharap Bansos yang bersumber dari dana APBD Provsu tepat sasaran dan mampu mengurangi penderitaan masyarakat pada masa pandemi saat ini,” kata Ketua DPRD Sumut.

Politisi PDI-Perjuangan ini juga menyetujui usulan Bupati Taput terkait Bansos tahap II tidak berupa sembako, namun bantuan dialihkan untuk membangkitkan UMKM termasuk sektor pertanian yang terdampak COVID-19.

“Kami melihat laporan pelaksanaan penyaluran Bansos tahap I terlaksana dengan baik dan hasilnya cukup baik,” tandasnya. (RIL)

News Feed