oleh

Bupati: Ini Jawaban Doa Masyarakat Taput, Karena Selama Ini Kami Seperti “Mauas di Toru ni Sampuran”

Taput, 28/7 (Batakpost.com)- Ada kabar baik bagi masyarakat Tapanuli Utara. Di mana pihak Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) II akan membangun Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Tarutung, dengan anggaran dari APBN sekitar Rp70 miliar.

Barang tentu kabari baik ini pun membawa kebahagiaan bagi masyarakat Taput dan juga kepada Nikson Nababan selaku Bupati Tapanuli Utara yang terus berjuang demi kesejahteraan rakyatnya.

“Saya bahagia, Tuhan telah menjawab doa kami. Karena selama ini kami hidup seperti “Mauas di Toru ni Sampuran (Haus di bawah mata air),” kata Nikson dengan haru, Senin (27/7) di Sopo Rakyat, Tarutung, sewaktu gelar ekspose tentang rencana pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Tarutung.

Dijelaskan Bupati, usai acara penaburan benih ikan, ia bersama Sekretaris Daerah, Indra Sahat Simaremare, Asisten II Osmar Silalahi dan Direktur Pdam Mual Natio lamtagon langsung menggelar ekspose tentang rencana pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Tarutung dan sekitarnya dari sumber air baku Aek Butar, bersama Pihak Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) II. Dalam pertemuan itu pihak BWSS II menjelaskan, akan membangun intake, reservoar, dan pipa transmisi.

“Pihak Balai Pasarana Permukiman Wilayah Sumatera Utara (BPPWS) akan membangun Instalasi Pengolahan Air (IPA) dan jaringan distribusi utama,” sebut Nikson.

Diungkapkan Bupati, dirinya sangat bahagia dengan pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Tarutung. Karena selama ini masalah air bersih sangat dibutuhkan masyarakat dan sampai sekarang belum terpenuhi. Bahkan sempat saya akan mengalihkan pembangunan satu tahun APBD agar dianggarkan pada pembangunan air bersih. Ternyata Tuhan mendengar doa masyarakat Tapanuli Utara, karena pihak BPPWS sudah merencakan pembangunan itu.

“Terima kasih bapak ibu dari BPPWS dan para konsultan. Kami akan fasilitasi apa yang dibutuhkan dari Pemkab Taput. Doa kami agar Pembangunan IPA 2 (dua) unit dan reservoar 2 (dua) unit untuk kebutuhan air bersih 3 kecamatan di Tarutung ini berjalan dengan lancar,” imbuhnya.

Hadir dalam acara ekspoes itu Dirjen Sumber Daya Air dan Dirjen Cipta Karya, Maman Nopriyaman (kepala), Mayjen Telaumbanua (Kasi Perencanaan), Herbert Sihite (Kasi Pelaksana), Hastiono (PPK fisik). Sedangkan dari Tim BPPW, dihadiri Marlina R Sihombing (Kasi Perencanaan), Hizkia pasaribu (PPK Fisik) dan Konsultan Perencana. (RIL)

News Feed