oleh

Danrem Ajak Media Untuk Menyajikan Berita Yang Akurat dan Berimbang

Sibolga, 27/7 (Batakpost.com)- Media memiliki peran penting dalam menyampaikan berita atau informasi kepada masyarakat luas. Untuk itu itu diharapkan berita yang sampai kepada masyarakat adalah berita yang benar-benar akurat dan terkonfirmasi sehingga tidak membuat masyarakat menjadi resah.

Demikian disampaikan Danrem 023/KS, Kolonel Inf Febriel Buyung Sikumbang, SH,MM, didampingi Kepala Seksi Teritorial Korem 023/KS Letkol Inf Edy Herianto, saat menerima kunjungan silaturahmi Pengurus PWI Pokja Sibolga-Tapanuli Tengah, di Serambi Kehormatan Makorem 023/KS, Sibolga, Senin, (27/7/2020).

“Saya berterima kasih atas kunjungan silaturahmi dari pengurus PWI Pokja Sibolga-Tapteng. Selaku Danrem yang baru bertugas di tempat ini, saya bangga atas kunjungan ini, sekaligus berterima kasih atas dukungan dari media terkait pemberitaan kegiatan di Korem 023/KS, termasuk pelaksanaan kegiatan TMMD ke-108 Kodim 0211/TT. Selain itu, wilayah teritorial Korem 023/KS yang cukup luas sangat mengharapkan dukungan pemberitaan dari media. Memang Tuhan Maha Tahu, tetapi dunia harus diberitahu,” ungkapnya.

Perwira dengan pangkat tiga melati itu juga mengimbau, agar media dalam menyampaikan berita benar-benar berimbang atau cek and richek, sehingga berita yang sudah dilepas dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

“Jangan karena mengejar rating akurasi beritanya terabaikan. Karena dampak berita yang tidak akurat atau belum terkonfirmasi sangat merugikan orang yang bersangkutan, meskipun ada ralat atau hak jawab. Tetapi opini masyarakat sudah terarah akan pemberitaan yang pertama. Untuk itu saya meminta dalam pemberitaan terkait Korem 023/KS agar benar-benar terkonfirmasi, karena saat ini eranya transparansi, tidak ada lagi yang harus ditutup-tutupi. Hanya saja perlu akurasi atau konfirmasi agar benar-benar berimbang,” imbuhnya.

Tidak lupa mantan Danmensis Secapa AD itu berpesan, agar wartawan tetap menjaga kesehatan dalam menjalankan tugas jurnalistiknya, khususnya di tengah pandemi COVID-19 sekarang ini.

“Kita harus menjaga kesehatan dan imun tubuh kita, serta mematuhi protokoler kesehatan. Artinya, kita harus mampu mengatur waktu agar bisa menyempatkan diri untuk berolahraga. Dan peran media juga di situasi pandemi ini sangat penting, untuk meberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat. Sekali lagi saya atas nama Danrem 023/KS, mengucapkan terima kasih kunjungan silaturahmi dari PWI Pokja Sibolga-Tapanuli Tengah,” katanya.

Sementara itu Ketua PWI Pokja Sibolga Tapteng, Sahat Jason Gultom didampingi Sekretaris Freddy Situmorang, Wakil Ketua Haris Sikumbang dan Bendahara Jhonny Simatupang menyampaikan, maksud dan tujuan kedatangan Pengurus PWI untuk bersilaturrahmi sekaligus ucapan selamat datang kepada Danrem.

“Pak Febriel sangat terbuka atas kehadiran kami dari PWI Sibolga-Tapteng. Banyak hal yang disampaikan Danrem kepada kami, sekaligus berbagi pengalaman. Beliau cukup memahami akan peran dan tugas dari media. Semoga kerja sama yang baik ini terus berkesinambungan,” harap pengurus PWI.

Pada pertemuan itu, pengurus PWI Pokja Sibolga-Tapteng memberikan ulos (mangulosi) Danrem 023/KS Kolonel Inf Febriel Buyung Sikumbang, SH,MM. Pemberian ulos itu sebagai bentuk dukungan dan doa agar dalam melaksanakan tugasnya Danrem selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa. (RED)

News Feed